Bupati Sidoarjo Gelar Lomba Antar RT,Berhadiah Ratusan Juta -->

Bupati Sidoarjo Gelar Lomba Antar RT,Berhadiah Ratusan Juta

30 Nov 2023, November 30, 2023
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Sidoarjo-Pemkab Sidoarjo meluncurkan lomba antar RT (Rukun Tetangga) se-Kabupaten Sidoarjo.

Ada beberapa jenis lomba, termasuk lomba RT Sehat, lomba RT Asri, RT Tahan Pangan, RT Berbudaya dan lomba RT Jimpitan. 

Secara resmi lomba itu diluncurkan oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Pendopo Delta Wibawa.

Menurut Gus Muhdlor, lomba-lomba tersebut sekaligus untuk mendukung program Self Governing Community yang akan diluncurkan pada tahun 2024. 

"Hadiahnya untuk juara satu akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300 juta, juara dua Rp85 juta, juara ketiga Rp53 juta dan juara harapan akan dipilih 7 kelompok dengan hadiah sebesar Rp5 juta," katanya. 

Disebutnya, dibutuhkan keikutsertaan masyarakat menyeluruh untuk menjadikan Sidoarjo menjadi berkembang pesat dalam pembangunannya.

Seperti halnya pemberian sound sistem (perangkat pengeras suara) dan insentif untuk pengurus RT pada tahun 2024 memberikan efek bagi keguyuban masyarakat. 

"Pemerintah Kabupaten Sidoarjo intinya ingin mengusung politik partsipatoris yang mengajak semua kalangan masyarakat untuk turun serta membangun Sidoarjo," ujar Gus Muhdlor. 

Dengan lomba antar RT ini, diharapkan bisa mampu mendorong warga turut berperan dalam membangun Kabupaten Sidoarjo. 

"Maka dengan mengikuti lomba, hasilnya adalah untuk mereka sendiri, intinya adalah berikan warisan terbaik untuk anak cucu berupa lingkungan yang asri," ujarnya. 

Gus Muhdlor yakin jika apa yang ia lakukan berhasil, maka tugas Kabupaten akan lebih mudah. 

Dia mencontohkan, dalam kategori lomba RT Asri mempunyai parameter bahwa lingkungan RT harus indah, rindang dan sebagainya. 

"Tiap lingkungan RT harus punya bank sampah dan tempat pengelolaan sampah, ini juga akan menjadi nilai plus saat penialain," ujarnya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sidoarjo Mulyawan mengatakan, lomba akan dilaksanakan pada tahun 2024. 

"Lomba RT akan kami laksanakan pada tahun 2024, untuk informasi lebih lanjut akan kami sampaikan nanti, sedangkan minggu depan tepatnya tanggal 10 Desember akan kami laksanakan sosialisasi terkait pelaksanaan lomba antar RT ini," kata dia. 

Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Sidoarjo, Budiono mengapresiasi langkah yang dilakukan Bupati Sidoarjo. Menurutnya hal tersebut dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan Sidoarjo. 

"Pastinya upaya ini menjadikan masyarakat saling bahu membahu dalam menyebarkan kebaikan di lingkungannya," katanya. 

Ia akan mendorong kepala desa seluruh Kabupaten Sidoarjo untuk segera menyampaikan pesan baik dari Pemkab dan bersiap untuk berupaya yang lebih baik untuk Sidoarjo.

(AHF)

TerPopuler