1.797 Jiwa Mengungsi Akibat Bencana Lingsor Pamalayan Desa Sukamulya -->

1.797 Jiwa Mengungsi Akibat Bencana Lingsor Pamalayan Desa Sukamulya

7 Jan 2024, Januari 07, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Purwakarta-Berdasarkan data harian di papan informasi yang di tempel BPBD Purwakarta,  terhitung jumat 5 Januari 2024  pukul 21.30 Wib, sebanyak 1.797 jiwa dari 520 Kepala Keluarga Mengungsi Akibat Bencana tanah longsor di Kp. Pamalayan Rt.08 Rw.04 (Gunung Anaga) Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Selain itu, Akibat bencana longsor Gunung Anaga Kp. Pamalayan tersebut, sebanyak 4 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang dan 9 rumah berpotensi terdampak longsor, 2 MCK rusak dan satu tempat ibadah rusak, 8 tiang listrik roboh dan 3 hektar areal pesawahan tertimbun tanah longsor.

Saat ini warga terdampak bencana masih bertahan di sejumlah lokasi pengungsian, salah satu titik pengungsian yang juga jadi pusat kontrol di SDN-2 Sukamulya Desa Sukamulya.

"Mereka bertahan di lokasi pengungsian karena tempat tinggalnya masih belum dinyatakan aman oleh petugas, longsoran tanah, bebatuan hingga pohon tumbang masih dibiarkan belum dilakukan upaya pembersihan"

Berdasarkan analisis petugas, tanah di Gunung itu masih labil dan khawatir terjadi longsor susulan, apalagi jika kondisi hujan deras maka akan membahayakan petugas atau warga sekitar.

Menurut salah seorang warga pengungsi, ia mengaku mulai beradaptasi dengan tempat pengungsian, dan bersedia direlokasi agar aman.
"Ucapnya.

Red/ Bah

TerPopuler