KPU Sidoarjo Gelar Simulasi, Cegah Kesalahan Pemungutan Penghitungan Suara -->

KPU Sidoarjo Gelar Simulasi, Cegah Kesalahan Pemungutan Penghitungan Suara

30 Jan 2024, Januari 30, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Sidoarjo-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, menggelar simulasi kedua pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).Selasa(30/Januari/2024).

Simulasi yang digelar di Pendapa Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur ini, dihadiri oleh Bupati dan Kapolresta Sidoarjo, serta PPK dan PPS se-Sidoarjo. Langkah ini untuk mencegah terjadinya kesalahan, baik saat proses pungut maupun hitung suara di TPS.


Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sidoarjo Ana Aziza mengatakan, simulasi ini merupakan rangkaian dari bimbingan teknis (bimtek) yang telah dilakukan KPU Sidoarjo terhadap PPK dan PPS pada 23 dan 24 Januari 2024.

"KPU melakukan Training Of Trainer (TOT) kepada PPK dan PPS, kemudian estafet oleh PPK dan PPS untuk melakukan bimtek terhadap seluruh KPPS di wilayahnya saat di TPS," ujar Ana, saat dikonfirmasi.

Perlu diketahui, simulasi ini merupakan kali kedua yang dilakukan oleh KPU Sidoarjo. Sebelumnya, KPU sudah melaksanakan simulasi pada Desember 2023.

Menurut Ana, simulasi yang dilakukan secara berulang-ulang tersebut bertujuan agar dapat dipahami dan dikuasai penyelenggara pemilu, baik saat proses pemungutan maupun penghitungan suara pada 14 Februari nanti.

Hal ini juga ditegaskan Ana, bimtek simulasi tersebut mengacu pada PKPU Nomor 25 tahun 2023, dan Petunjuk Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Nomor 66 Tahun 2024.

"Semoga simulasi pelaksanaan pemungutan dan rekapitulasi suara Pemilu 2024 mendatang berjalan lancar dan sukses," pungkasnya. 

(AHF)

TerPopuler