Tak Hadir Dalam Rapat Penguatan Saksi, Ketua Bawaslu Sebut Parpol Kurang Sadar Pengawalan Pemilu 2024 -->

Tak Hadir Dalam Rapat Penguatan Saksi, Ketua Bawaslu Sebut Parpol Kurang Sadar Pengawalan Pemilu 2024

5 Feb 2024, Februari 05, 2024
Pasang iklan

Morotai, Maluku Utara - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pulau Morotai, Maluku Utara, melaksankan rapat training of trainers atau penguatan kapasita serta manajemen pengetahuan saksi peserta pemilu 2024.

Rapat ini berlangsung di Perdana Hotel Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan, yang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle, Kordiv HP2H Bawaslu Morotai, Mulkan Hi. Sudin, dua komisioner KPU Morotai, Panwascam dan sejumlah saksi-saksi parpol.

Ketua Bawaslu Pulau Morotai, Ramla Molle menyampaikan bahwa rapat ini dilaksanakan karena proses pemilihan sudah dekat atau H-9.

Sehingga Bawaslu melaksanakan rapat pelatihan untuk yang kedua kalinya terhadap partai peserta pemilu dalam hal ini ke 16 parpol yang terlibat sebagai peserta pemilu tahun 2024 di Pulau Morotai. Dengan demikian kami mengundang tiga saksi parpol persatu partai. Ataupun bisa juga calegnya," ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan pada usai rapat, Senin (5/02/2024).

Akan tetapi, menurut Ramla bahwa pertemuan kali ini berbeda dengan pertemuan sebelumnya.

"Jadi pertemuan tadi, masih agak baik dipertemuan sebelumnya pada tanggal 27 Desember lalu, karena sebagian besar peserta pemilu dan saksinya yang hadir. Cuman, tadi ini, ada parpol yang cuma isi nama langsung pulang. Itu artinya kesadaran terhadap pengawalan pemilu masih sangat kurang dari parpol," katanya

"Maka saya tegaskan, sebab ini kepentingan dari parpol, bukan kepentingan bawaslu atau dari manapun itu. Jadi patut adanya kesadaran tinggi dari parpol ketika diundang untuk melaksanakan rapat atau kegiatan Bawaslu yang seperti ini harus adanya partisipasi dari peserta pemilu,"

"Sehingga saksi ini yang sebagaimana kita ketahui memiliki peran yang sangat penting terhadap jalannya proses pengawasan di TPS nantinya. Karena kegiatan hari ini merupakan kegiatan terakhir dan akan dilaksanakan serentak diseluruh kecamatan di tanggal 7-8 Februari untuk pelatihan saksi ditingkat kecamatan," pungkasnya. (Oje)

TerPopuler