Warga desa Hariang antusias sambut program pasang sangkur edisi SIBANGBRANG. -->

Warga desa Hariang antusias sambut program pasang sangkur edisi SIBANGBRANG.

26 Mar 2024, Maret 26, 2024
Pasang iklan



Aspirasijabar ||   Sumedang        
Salah satu gebrakan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si, dalam membangun Kota Sumedang adalah program "Pasang Sangkur". Akronim dari Pemerintah Sareng Warga Ngawangun Silaturahmi Nguatkeun Kamandirian Lembur.

Program Pasang Sangkur dilaksanakan di dua tingkatan pemerintahan , yaitu, di tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan di wilayah kabupaten Sumedang. khusus untuk tingkat kecamatan Buahdua, kegiatan pasang sangkur sudah dilaksanakan hampir di seluruh desa di wilayah kecamatan Buahdua, bahkan program tersebut sudah memasuki edisi SIBANGBRANG (Silih bantuan ngawangun lebur babarengan) demikian penjelasan camat Buahdua, Herman Suwandi, saat di temui di lokasi kegiatan, Selasa (26/03/2024)

Menurut camat, pihak kecamatan mengambil inisiatif untuk jemput bola dalam mensukseskan program Pasang Sangkur. Caranya, dengan membuka pelayanan satu pintu di desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Buahdua.

“Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran, sesuai jadwal yang telah kami tetapkan. Seluruh desa yang berada di wilayah kecamatan Buahdua. telah kami datangi, dan di jadikan lokasi kegiatan dalam pelaksanaan program tersebut. Bahkan program ini sudah memasuki edisi SIBSNGBRANG. Dan desa Hariang merupakan desa ke tujuh yang melaksanakan program Pasang Sangkur edisi SIBSNGBRANG pada tahun 2024.  

Masih disampaikan camat, setidaknya ada enam jenis kegiatan yang dilaksanakan Pemerintahan Kecamatan Buahdua dalam pelaksanaan program Pasang Sangkur. Yakni, perekaman E-KTP bagi pemula, pembuatan KK baru, pembuatan NIB, pelayanan kesehatan, suntik hewan, dan pemberian santunan terhadap warga miskin ekstrim dan stunting.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Desa Hariang, karma adi.S, sangat menyambut positif pelaksanaan program Pasang Sangkur di wilayah kerjanya.

“Alhamdulillah, saya selaku kepala desa, bersama warga merasa terbantu dengan adanya program Pasang Sangkur. Paling tidak, program pengobatan gratis tentunya sangat membantu, terutama bagi lansia bisa berobat dengan jarak yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka. Paling utamanya lagi, semua kegiatan ini bisa dilaksanakan di satu titik kegiatan. hanya saja, untuk kegiatan rekaman e-KTP bagi pemula pada kegiatan hari ini tidak dapat dilakukan di lokasi kegiatan, karena ada sedikit gangguan. Tapi tenang saja, karena untuk berkas permohonan pembuatan e-KTP tetap di layani di sini” beber Karma Adi, saat ditemui di lokasi kegiatan.

Lebih jauh, karma Adi juga mengatakan, program Pasang Sangkur sangat membantu, apalagi sejalan dengan moto desa yang di pimpinnya Yaitu, pelayanan prima administrasi kepada masyarat.
"Ini adalah momen yang sangat berarti bagi kami untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan khususnya di lingkungan masyarakat Desa Hariang Kecamatan Buahdua." Pungkas kades.


(Aep Mulyana)

TerPopuler