Kesbangpol Kabupaten Pulau Morotai melaksanakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) tahun 2024. -->

Kesbangpol Kabupaten Pulau Morotai melaksanakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) tahun 2024.

16 Apr 2024, April 16, 2024
Pasang iklan

Acara Pembukaan kegiatan seleksi calon Paskibra tingkat kabupaten Pulau Morotai diruang Aula Kantor Bupati Pulau Morotai


Morotai,Maluku Utara-Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol) Kabupaten Pulau Morotai melaksanakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) tahun 2024.


Pembukaan seleksi calon paskibraka dilaksanakan di aula lantai II Kantor Bupati Pulau Morotai selasa (16/4/2024 )
Kepala bidang wawasan kebangsaan Kabupaten Pulau Morotai , Nur Mala Jabar,. SH dalam laporannya mengatakan, penyelenggaran kegiatan rekrutmen dan seleksi paskibraka Kabupaten Pulau Morotai tahun 2024 dilaksanakan mulai bulan 5-11 Maret tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten bulan April tahun 2024 secara online dan hasil verifikasi pemberkasan bertempat di ruang Aula Kantor Bupati Pulau Morotai dan ada 6 kecamatan.


Dijelaskannya, dari 33 SMA/MA dan SMK/MAK yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, yang membuat akun pendaftaran sebanyak 33 SMA/MA dan SMK/ MAK, dengan jumlah akun sebanyak 124 Akun

Dari 124 akun yang mendaftar, sebanyak 106 akun yang mengunggah berkas persyaratan dan sehingga yang memenuhi syarat hanya 93 akun yang diseleksi administrasi oleh verifikator di Kesbangpol Kabupaten Pulau Morotai.

Hasil verifikasi mendapatkan 106 akun yang memenuhi syarat dan 13 akun yang tidak memenuhi syarat sehingga yang berhak mengikuti seleksi lanjutan adalah 93 pendaftar dan akan diseleksi lagi sampai 34 siswa yang akan mengikuti tahapan seleksi Pembinaan ldeologi Pancasila (Pancasila dan Wawasan Kebangsaan).

"Tujuannya, untuk mendapatkan paskibraka yang nanti akan bertugas mengibarkan duplikat bendera pusaka pada upacara HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus Tahun 2024 dan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni tahun 2025," ujarnya.

Untuk diketahui, ratusan pelajar tersebut akan mengikuti sejumlah tahapan seleksi antara lain seleksi administrasi (sistim gugur), seleksi pembinaan ideologi pancasila sistim gugur dengan passing grade 70), seleksi intelegensi umum (TIU) dengan nilai kelulusan 60 ke atas), seleksi kesehatan (sistim gugur), seleksi parade (sistim gugur), seleksi baris-berbaris (penilaian), seleksi kesamaptaan (penilaian), dsn seleksi kepribadian (penilaian).

"Hasil akhir adalah perangkingan nilai rata-rata dari jumlah nilai seleksi baris-berbaris, seleksi kesamaptaan dan seleksi kepribadian," jelasnya

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Lauhin Gurahe seleksi paskibraka ini di laksanakan di kesbangpol pertama kali di seluruh indonesia, daftar online 124 dan yang lolos 94 ,seleksi pemberkasan tanggal 18 tes online wawasan kebangsaan dengan BPIP (Badan pembinaan ideologi pusat) selesai seleksi online nanti tinggal 34 calon paskibraka yang akan ikut latihan PBB, dari 34 calon akan di kirim 3 pasang diantaranya 3 putri dan 3 putra mewakil kabupaten pulau morotai ke tinggal provinsi Maluku utara dan tingkat Nasional, itu Harapan dari Pj. Bupati mudah-mudahan Kabupaten pulau Morotai ada yang mewakili ke tingkat provinsi dan tingkat nasional.(oje) 

TerPopuler