Dukung Program Ketahanan Pangan Poktan Lingga Bakti Desa Cilingga Tanam Timun -->

Dukung Program Ketahanan Pangan Poktan Lingga Bakti Desa Cilingga Tanam Timun

24 Mei 2024, Mei 24, 2024
Pasang iklan


Aspirasi Jabar||Purwakarta-Kelompok Tani (Poktan) Lingga Bakti BPP Darangdan Kabupaten Purwakarta tanam timun dilahan seluas 2-Hektar.

"Penanaman timun dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan yang berlokasi Blok Pasir Teke Desa Cilingga Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta.

Ketua Poktan Lingga Bakti  Desa Cilingga Muksin (Engko) saat dikonfirmasi media di Saung Pertemuan poktan, pada Jum'at 24 Mei 2024 mengatakan ingin mengubah bercocok tanam dari kebiasaan menanam padi dan singkong insya Allah Poktan Lingga Bakti bisa menanam tanaman hortikultura diantaranya timun.

"Petani yang bergabung ke Poktan Linggajaya rata-rata banyak yang bertanam padi.
Walau seringkali merugi akibat cuaca ekstrem dan hama, warga tetap menanam padi karena sudah menjadi kebiasaan, tetapi kini polanya kami rubah dengan konsep yang matang. "Ucap Muksin.

Muksin berkeinginan dengan suksesnya Program Ketahanan Pangan di Desa Cilingga Kecamatan Darangdan, tentu suatu saat Kelompok Tani Linggajaya Desa Cilingga khusnya menjadi pilot project  (proyek percontohan) menanam timun, sebab  Pemdes Cilingga dalam hal ini Kepala Desa Cilingga mendukung penuh tentang penanaman hortikultura.
"Terangnya.

Koordinator BPP Darangdan Heri Juhaeri,SP dalam keterangannya fenomena Kepala Desa mendukung bertani sangat baik dan besar pengaruunya bagi masyarakat khususnya para petani, karena umumnya  petani lebih percaya dengan bukti di lapangan seperti yang dilakukan Pemdes Cilingga. "Pungkasnya.

Jurnalis  : Bah Endang 
Sumber  : Tan Rustandi

TerPopuler