Kodim 1514/Morotai selenggarakan Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116. -->

Kodim 1514/Morotai selenggarakan Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116.

22 Mei 2024, Mei 22, 2024
Pasang iklan


Morotai, Maluku Utara – Komandan Distrik Militer 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal, S.T., M.T., bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 yang berlangsung di Lapangan Upacara Makodim 1514/Morotai, Desa Muhajirin Baru, Kecamatan Morotai Selatan, pada Senin, 20/05/2024.

Dalam upacara tersebut, Letkol Arh Masykur Akmal membacakan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi. Menkominfo menggarisbawahi pentingnya kemajuan teknologi yang pesat saat ini dan peran Indonesia sebagai pemain penting dalam era teknologi global. 

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, hari ini kita dihadapkan pada kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita harus menjadi pemain penting untuk mencapai tujuan kita dalam dua dekade ke depan,” demikian pidato Menkominfo yang dibacakan oleh Dandim 1514/Morotai.

Pidato juga menyoroti refleksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dimulai dari pendirian organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 yang menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional. "Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal penting, termasuk pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat," tambahnya.

Pidato tersebut mengakui kontribusi Kartini sebagai pelopor gagasan kemerdekaan dan pendidikan. "Kartini mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya," ungkap Letkol Arh Masykur Akmal saat membacakan pidato.

Menkominfo juga menekankan bahwa semangat kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru dan cara berpikir baru. "Kemajuan teknologi menjadi bagian dari peradaban kita hari ini dan menjadi penanda zaman baru. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner"

Dandim 1514/Morotai mengakhiri upacara dengan mengingatkan bahwa kemajuan dan kebangkitan nasional saat ini harus dilanjutkan dengan semangat yang sama oleh generasi muda. "Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dirintis para pendiri bangsa," tutupnya.

Diketahui hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 1514/Morotai Letkol Arh Masykur Akmal ST.MT, para Perwira Makodim 1514/Morotai, para Danramil jajaran Kodim 1514/Morotai, personil Bintara dan Tamtama Makodim 1514/Morotai, personil Koramil Jajaran, dan PNS Kodim 1514/Morotai.(oje) 

TerPopuler