Percepat Pelayanan, Desa Wanajaya Menggelar Jemput Bola Layanan Data Kependudukan -->

Percepat Pelayanan, Desa Wanajaya Menggelar Jemput Bola Layanan Data Kependudukan

14 Mei 2024, Mei 14, 2024
Pasang iklan

Aspirasijabar || GARUT - Sekitar 500an warga mengantri pada pelayanan update data kependukan di Kantor Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (14/5). Program ini merupakan kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut bersama Pemerinta Desa Wanajaya. 

Proses jemput bola tersebut, ternyata mendapat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Ratusan warga setempat, memanfaatkan momentum ini demi memperoleh kemudahan dan percepatan dalam proses update data Kependudukan masing - masing. 

Tidak hanya update data, pelayanan tersebhr juga melayani perekaman e-KTP pemula. Bentuk pelayanan yang disediakan dalam program tersebut diantaranya, pembuatan dan perbaikan KTP elektrik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran hingga Kartu Ibu dan Anak KIA. 

"Sangat bersyukur, pihak desa kami memfasilitasi program semacam ini. Selain prosesnya lebih cepat juga tidak terlalu jauh," ungkap salah satu warga yakni Lilis. 

Lilis mengatakan, proses pelayanan antrian juga tidak terlalu ribet dan lama. Ia mengaku, datang ke kantor desa mengikuti program ini untuk proses update data kependudukan keluarganya. Bahkan, ia sendiri mengapresiasi, pelayanan pun tidak dikenakan biaya sama sekali, atau gratis. 

Sementara Kepala Desa Wanajaya Iif Firman Nurdin menyampaikan bahwa program ini digelar dengan maksud memberikan proses yang lebih efisien bagi warganya. Bahkan kata Iif, satu persatu warga langsung terlayani dengan baik serta cepat bahkan didominasi para lanjut usia. 

Menurut IIf, inisiatif ini tlsitempuh lantaran banyaknya keluhan warga yang terkendala dalam mengupsate data kependudukannya. Terlebih lagi, update data seperti ini sangat mempengaruhi pada pengurusan program bantuan sosial atau keperluan jelang pilkada. 

"Semoga, melalui program ini memberikan solusi bagi masyarakat untuk menyempurnakan data Kependudukan mereka. Hal ini juga, akan bersampak pada kesadaran warga bahwa pengurusan data Kependudukan sangatlah penting," Ujar IIf.

TerPopuler