Kades Sopir Hisbull Der hadiri Perayaan HUT Desa Sopi ke-107 tahun -->

Kades Sopir Hisbull Der hadiri Perayaan HUT Desa Sopi ke-107 tahun

26 Jun 2024, Juni 26, 2024
Pasang iklan

Aspirasi jabar ||Morotai,Maluku Utara - Perayaan HUT Desa Sopi ke-107 tahun ini adalah momen untuk merayakan pembangunan dan pertumbuhan yang telah dicapai selama dua puluh tahun terakhir. Kini sudah waktunya merayakan dua dekade perjalanan, perkembangan, dan prestasi Desa kita. Di balik perayaan ini, terdapat makna yang sangat penting, bersejarah dan bernilai bagi masyarakat desa sopi.


Pernyataan ini disampaikan Kepala desa ISBUL DER saat acara Puncak peringatan Hari Jadi Desa Sopi ke 107 tahun yang berlangsung di Desa sopi, rabu (19/06/2024). Dengan mengangkat tema: " Bersinergi Membangun Desa Dalam Kemajemukan Beragama dan Budaya Menuju Masyarakat makmur sejahtera, Berakhlak, bermartabat."

Tampak Hadir pada Perayaan Hari Jadi Desa Sopi ini, Kades sopi majiko HENDRA ATAPARY, Kades cendana DELVIS TENANG, kades toara TOFAN ISHAK, ketua kordinator pkk RIMA SUMAHI, staf kecamatan AMA TENANG, ketua BPD sopi SURYADI DER Tokoh Agama dan Adat Desa Sopi serta Masyarakat Desa sopi.


Kehadiran Orang paling sederhana ( isbul der )di desa sopi ini disambut meriah oleh Masyarakat Desa Sopi ditandai dengan adanya ragam tarian budaya persembahan yang ditampilkan dalam menyambut acrarah puncak.

Pada laporannya, Kepala Desa Sopi ISBUL DER menyampaikan bahwa Bersempena dengan Hari Jadi Desa Sopi ke 107 tahun ini, belum pernah dilakukan sebelumnya Paripurna dan kegiatan lainnya hingga sampai pada peringatan Hari Puncak Desa Sopi ini.

Selain itu juga, Sempena dengan HUT Desa Sopi ini, ada juga jenis-jenis mata Lomba antar RT se Desa Sopi yaitu:
1. Mata lomba olahraga
2. Mata lomba pendidikan
3. Mata lomba agama
4. Mata lomba adat dan budaya
5. Mata lomba karaoke dangdut
6. Mata lomba dance
dengan harapan dilaksanakannya kegiatan ini Masyarakat Desa Sopi senantiasa mendapatkan Rahmat serta keridhoan dan dijauhkan dari bencana. Ucap kades.

Selanjutnya, dalam sambutannya kades ISBUL DER mengucapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara ini, dan juga mengucapkan selamat hari jadi untuk desa sopi yang ke 107 tahun ini semoga selalu menjadi desa inspirasi dan terbaik untuk desa -desa yang ada di kecamatan rmorotai jaya ini khususnya.

Diketahui bersama, melalui kolaborasi dan kerja keras, desa sopi telah berkembang secara signifikan dalam berbagai aspek, termasuk infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, ketua Bpd sopi SURYADI DER. Menyampaikan sejarah singkat buat masyarakat desa sopi.
" sejarah yang berkaitan dengan berdirinya desa sopi.

Secara bahasa sepi berarti tidak lurus, nama sepi diambil dari sebuah istilah yang di keluarkan oleh seorang utusan dari kesultanan ternate yang bernama Dehegila. Bahwa pada waktu itu sultan ternate mengutus dua orang untuk menjadi sangaji di kawasan pulau morotai menurut kerajaan ternate di bagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah dehegila dan wilayah sakita.

Selang waktu berjalan kedua sangaji ini menentukan batas wilayah antara wilayah dehegila dan wilayah sakita, ketika sangaji sakita memberikan tanda tapal batas dengan menyusun batu sebagai tandanya dan bersama itu pula sangaji dehegila menegur sangaji sakita dengan bahasa ternate yg artinya batu yg kau susun itu tidak lurus ( ai sepi ). Ucap ketua Bpd

Dalam kegiatan puncak ini juga kades berpesan kepada seluruh masyarakat dan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara HUT desa sopi yang ke-107 Tahun agar dapat menjaga nilai-nilai keberagaman corak kebudayaan dan perilaku kemanusiaan sebagai wujud implementasi dalam pelaksanaan pembangunan yang adil dan merata. (oje)

TerPopuler