Tenaga Pendamping Profesional Kemendes RI, Melakukan Monev Infrastruktur Jalan Desa Sukakarya -->

Tenaga Pendamping Profesional Kemendes RI, Melakukan Monev Infrastruktur Jalan Desa Sukakarya

6 Jul 2024, Juli 06, 2024
Pasang iklan


Aspirasi jabar || Garut - Tenaga Pendamping Profesional (TPP) merupakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang pengelolaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa didampingi Sekdes Sukakarya melaksanakan monev jalan Desa di kampung Teurep, Desa Sukarya, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Senin 01 Juli 2024.

Menurut Sekertaris Desa Sukakarya Jejen Zaenal Mutakin, menjelaskan Dana Desa tahun 2024 untuk tahap 1 khusus infrastuktur, pemerintah Desa Sukakarya telah selesai dilaksanakan dibeberapa titik pembangunan infrastruktur, antara lain rabat beton jalan desa dengan Redymix, ucapnya.

Selain itu pembangunan TPT kampung teureup, drainase dan TPT kampung duwet, dan satu kegiatan yang masih dalam progres yaitu sanitasi peningkatan dan pemeliharaan pipanisasi sarana Air bersih program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Lanjut Sekdes berbagai pembangunan TPT yang ada di Desa Sukakarya dilatarbelakangi dengan telah terjadinya banjir dan longsor tahun 2023, serta pemeliharaan mesin pompa yang digunakan oleh 500 keluarga penerima manfaat, imbuhnya.

Kaitan dengan hal itu pembangunan TPT kampung Teuruep seleai 100%, Rabat Beton Kampung Kapamancingan, Kamping Burungngayun dengan Volume 375 M, menyerap anggaran Rp. 300. juta, dan sanitasi pamsimas untuk sarana Air bersih di semua wilayah 13 Rw menyerap anggaran Rp. 40. juta, TPT dan Drainase kampung Duwet menyerap anggaran Rp.80. juta,

Sementara untuk dana Desa tahap kedua akan segera direalisasikan untuk pembangunan TPT kampung Babakan wetan, Drainase di kampung Burung ngayun, Kampung Duwet dan Kampung Babakan, serta pembangunan rutilahu untuk 7 rumah warga tidak mampu.

Mudah-mudahan dengan adanya Dana Desa dari Pemerintah Pusat ini, dapat mempercepat pembangunan infrastruktur yang masih belum selesai dan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Sukakarya.

Kami dari Pemerintah Desa Sukarya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan bantuan Dana Desa, sehingga dibeberapa titik terpencil dapat tersentuh dengan program pembangunan dari Pemerintah, ungkapnya.

Ditempat yang sama TPP Kemendesa Kecamatan Banyuresmi Asep Khaerudin, didampingi Dudy Wahyudi, Sarifatun Nisa, dan juga PLD Desa Sukakarya Buchori. Asep Khoirudin mengatakan secara umum dari 15 Desa Sudah kami opname, tentang volume dan segala macamnya, alhamdulillah ada yang sudah 100% ada yang baru 80%, dan ada juga yang baru dalam tahapan progres, ungkapnya.

Lanjut Asep tentunya pencarian dana Desa itu tidak sama di semua Desa sesuai telegramnya masing masing, ada yang awal dan ada juga yang akhir, khususnya Desa Sukakarya itu yang terakhir pencariannya, maka sedikit terlambat, ujarnya.

Setelah hasil dari pada monev ini, semuanya kita disampaikan hasil pengukurannya, apakah ini ada kekurangan ataupun tidaknya, kalau kurang berarti harus di perbaiki atau harus ditambah, dengan tujuan memperingan nanti saat ada pemeriksaan dari pihak lain. Pungkasnya 

Jurnalis : (Beni)

TerPopuler