BPP Darangdan Garap 7-Plot Varietas Padi Gogo Di area Tajug Gede Ci Lodong -->

BPP Darangdan Garap 7-Plot Varietas Padi Gogo Di area Tajug Gede Ci Lodong

28 Mar 2019, Maret 28, 2019
Pasang iklan


 Purwakarta -  Balai Penyulu Pertanian (BPP) Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta Jawa barat menggarap 7-Plot  tanah diarea  Tajug Gede Cilodong.


Koordinator Mantri Tani BPP Darangdan Satom, SP menjelaskan kepada Media saat di temui di Kantor BPP, Kamis 28/03/2019 sebagaiman intruksi dari Perintahan Kabupaten (Pemkab) Purwakarta bahwa masing masing BPP sewilayah Kabupaten Purwakarta harus menggarap tanah darat di area Tajug Gede untuk menanam padi.


 Alhamdulillah  kami BPP Darangdan telah menanam padi sebanyak 7-plot, masing masing plot ditanami padi dengan berbagai jenis padi, jenis padi  yang  tanam di setiap plotnya beda beda jenis, diantaranya: "jenis padi Gembolo, Bulu konyal, Srimakmur, Gajih, Barong, Pelopor dan jenis padi Anak Daro Magelang.

Padi padi tersebut saat ini baru usia 32-hari sejak di tanam bahkan kemari Rabu (26/03) kami melaksanakan membersihkan rumput (ngored) yang di bantu oleh Didi dari Kelompok tani Warga Tani Desa Linggasari dan Nana dari Kelompok tani Mandiri Desa Nagrak.

Terus terang saja plot Gembolo dan plot Bulu Konyal sedang melaksanakan perawatan sebab dua plot itu terkena Hama Penggerek Batang "Ujar Satom, SP)


Menurut Angga Saepul Holid, S.Pt Penyuluh pertanian BPP Darangdan bahwa di area Tajug Gede Cilodong siapkan lahan untuk Mal Pertanian, "Mal Pertanian ini terinisasi dengan sudah di bangunnya etalase 100 varietas padi gogo.

Untuk etalase ini luasnya baru 5600 meter, kedepan akan ada tambahan areal pertanian di wilayah ini luasannya mencapai 10 hektar (ha)"



Mal Pertanian itu menurut Ketua DKM Tajug Gede Cilodong Dedi Mulyadi akan dibuat sedemikian rupa, bahkan rencananya akan ada Sembilan Leuit (lumbung) untuk menampung padi serta bakal ada Saung Ranggon dan Bebegig Sawah "pungkasnya Rangga"

  (Endang.S)

TerPopuler