Header Ads

Rapid Tes Masal Pasar Parung Panjang Banyak Pedagang Ketakutan



Aspirasijabar.net-Parung Panjang. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor menggelar rapid test (pemeriksaan cepat) secara massal di Pasar Parungpanjang, Rabu (1/7/2020). Namun, banyak para pedagang justeru ketakutan mengikuti kegiatan yang melibatkan jajaran Dinkes, RSUD  Leuwiliang, Dishub, Disdamkar, Diskominfo, Sat Pol PP, Muspika Parungpanjang dan PD Pasar Tohaga ini.

Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor telah menyiapkan sekitar 500 unit rapid test kit, untuk memeriksa pedagang di pasar tersebut. "Nanti dihat dulu berapa jumlah yang ikut  Kalau tidak habis, akan ada rapid lagi di lain waktu secara bertahap. Sebelum rapid test digelar, kami sudah sosialisasikan,” ungkap Mike Kaltarina, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bogor.



Kadinkes meminta, para pedagang jangan merasa takut saat mengikuti rapid test. Termasuk ketika dari hasil rapid test menunjukkan reaktif dan harus mengikuti swab test. "Tidak perlu ada yang ditakuti. Test ini untuk deteksi dini supaya pengunjung atau pembeli yang datang berbelanja ke pasar ini merasa aman dan tidak takut tertular Covid-19,” kata Mike.

Dia memastikan, setiap yang reaktif, akan langsung dilakukan tes swab. Namun jika hasilnya positif, maka akan lmendapat penanganan medis. "Kalau reaktif dan tidak ada gejala, akan dikarantina di rumah sakit darurat di Wisma Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya. Kadinkes juga menegaskan, rapid test akan terus dilakukan pada pusat-pusat keramaian yang ditengarai sebagai episentrum penularan Covid-19. “jadi tdak cuma di pasar. Tapi di stasiun atau pusat-pusat keramaian publik akn digelar rapid Test juga.” tegasnya.

Sedangkan Kepala Unit Pasar Cicangkal Erick Ibnu Affan memgatakan, sebelum giat rapid tess digelar, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang di pasar tersebut. Namun, banyak isu tidak benar yang berkembang terkait rapid test sehingga membuat beberapa pedagang ketakutan. "Hingga saat ini jam 12.30 WIB, sudah ada 285 pedagang yang mengikuti rapid test. Giat masih berlangsung." Ujarnya.




~ Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor menggelar rapid test (pemeriksaan cepat) secara massal di Pasar Parungpanjang, Rabu (1/7/2020).

( Boim / Fahri Ketua FWHBU )

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.