Header Ads

138 TAHUN RSMM Beroprasi, Mampu Raih Akreditasi Kars Nasional Dan Internasional



Aspirasijabar.net-Bogor. Bangunan yang berdiri tegak di Jl. Dr. Sumeru nomor 114 Kota Bogor, diatas lahan seluas 117 hektar, adalah Rumah Sakit Jiwa Bogor. Rumah Sakit ini diresmikan tanggal 1 Juli 1882 dan sudah beroperasi sejak jaman penjajahan Belanda.

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bogor, pertama kali dipimpin oleh warga pribumi asli yaitu dr. H. Marzoeki Mahdi yang menjabat sebagai Direktur, pada tahun 1945 hingga 1946. Pada perjalanan selanjutnya, RSJ Bogor berubah nama menjadi RSJ Pusat Bogor Tipe A. Lalu pada tahun 2002, kembali berubah nama menjadi RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, sebagai bentuk penghargaan dan mengenang jasa beliau sebagai direktur pertama dari bangsa Indonesia. 

Iyep Yudiana, salah seorang tenaga medis di RSMM mengatakan, setelah 138 tahun berjalan, RSMM banyak mengalami perubahan dan kemajuan sangat pesat, baik di bidang sumber daya manusia, pelayanan pasien, administrasi, sarana, fasilitas dan lainnya. Selain memberikan pelayanan kesehatan jiwa sebagai layanan utama, sambungnya, RSMM juga memberikan layanan rehabilitasi narkoba, rehabilitasi psikososial, layanan promosi kesehatan jiwa masyarakat dan layanan penunjang umum lainya. "puncaknya RSMM bisa meraih Akreditasi KARS Paripurna tahun 2016 dan Akreditasi KARS Internasional tahun 2019,  sebagai rumah sakit jiwa rujukan nasional tipe A," ungkap Iyep Yudiana, Rabu (1/7/2020).




Dia menambahkan, peringatan hari jadi RSMM ke-138 tahun 2020, mengambil tema "Menyongsong tatanan hidup baru dengan kebiasaan hidup sehat baru". Menurutnya, meski ditengah segala keterbatasan akibat dampak pandemi Covid 19, RSMM tetap mengadakan berbagai lomba yang didominasi oleh perlombaan virtual melalui media. "Diantaranya lomba membuat tiktok edukasi, leaflet edukasi, video edukasi, artikel kesehatan, photo RSMM, kebersihan lingkungan dan lainnya," papar Iyep.

Di hari ulang tahun ke 138 ini, sambung Iyep, RSMM juga menerima beragam ucapan selamat dari erbagai pihak/instansi maupun stake holder masyarakat yang dipersembahkan melalui berbagai media. Hal ini, membuat jajaran RSMM semakin terpacu dan termotivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang lebih maju, lebih profesional dan lebih aktif menjangkau masyarakat secara luas. "Misi utama RSMM adalah sebagai rumah sakit jiwa rujukan nasional yang bisa menjadikan keluarga, masyarakat dan bangsa indonesia sehat jiwa dan bebas pemasungan." Pungkasnya.




~ Rumah Sakit Marjuki Mahdi telah memasuki usia 138 tahun pada tanggal 01 Juli 2020. RSMM berada di Jl. Dr. Sumeru nomor 114 Kota Bogor. Saat ini RSMM telah meraih Akreditasi KARS Paripurna tahun 2016 dan Akreditasi KARS Internasional tahun 2019, dannditetapkan sebagai rumah sakit jiwa rujukan nasional tipe A.

( Boim / Fahri Ketua FWHBU )

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.