Header Ads

DPMD Dan Kejari Cibinong Lakukan Pembinaan Dan Peningkatan Kapasitas Aparatur PemDes



Aspirasijabar.net-Ciseeng,Bogor. Pengelolaan dan penggunaan berbagai sumber keuangan yang didapat oleh Pemerintah Desa (Pemdes) perlu dilakukan secara profesional dan transparan. Hal ini membutuhkan sistem tata kelola keuangan yang didukung kapasitas/kemampuan dari para aparatur Pemdes.

Guna menunjang hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong mengadakan giat monitoring dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa di sejumlah wilayah kecamatan. "Hari ini tim kami mengadakan giat peningkatan kapasitas bagi aparatur Pemdes dari 4 Kecamatan yaitu Rumpin, Gunungsindur, Parung dan Ciseeng," ungkap Febriyanti Kepala Seksi (Kasi) Pendapatan dan Kekayaan Desa DPMD Kabupaten Bogor, Selasa (14/7/2020).

Febri sapaannya, menjelaskan, secara prinsip semua lembaga perlu melakukan kinerja yang baik dan benar. Sehingga dapat melakukan siklus tata kelola pemerintahan dan pembangunan secara benar dan transparan mulai dari perencanaan, penggunaan, pelaporan serta pertanggungjawaban. "Jadi kami memaparkan bagaimana tata kelola pemdes secara umum. Karena kebetulan juga banyak kepala desa yang baru." Ungkapnya.

Sementara Camat Ciseeng Adi Setya Bakti menyambut baik program peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa yang digelar DPMD dan Kejari tersebut. Menurutnya, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan aparatur Pemdes dalam menjalankan kinerja sesuai tupoksi dan aturan yang ada. Camat Ciseeng juga berharap, adanya giat ini dapat membuka wawasan para Kepala Desa dan aparatur Pemdes dalam melakukan deteksi dini terhadap permasalahan yang muncul dalam tata kelola pemerintahan. "Sehingga nanti aparatur Pemdes bisa lebih mandiri  dan lebih baik dalam melakukan koordinasi dan evaluasi tata kelola pemerintahannya." Pungkas Adi Setya Bakti.




~ Tim gabungan daribDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong mengadakan giat monitoring dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa bagi aparatur Pemdes dari Kecamatan Rumpin, Gunungsindur, Parung dan Ciseeng. Kegiatan berlangsung di Aula pertemuan kantor Kecamatan Ciseeng, Kamis (14/7/2020).

( Boim / Mj. Fahri Ketua FWHBU )

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.