FAKULTAS KEDOKTERAN UNPAD GELAR DIES NATALIS KE-63 -->

FAKULTAS KEDOKTERAN UNPAD GELAR DIES NATALIS KE-63

Sep 17, 2020, September 17, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Bandung- Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) meyelenggarakan puncak acara Dies Natalis ke-63 pada Kamis, 17 September 2020 dilakukan secara daring dan luring  di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Jl. Prof. Eyckman No. 38 Bandung. Acara yang diisi dengan Orasi Ilmiah dari berapa narasumber ini dihadiri oleh sejumlah  Pimpinan FK Unpad dengan protokol kesehatan yang ketat dan terbatas. Peringatan Dies Natalis ke-63 ini merupakan refleksi diri perjalanan FK Unpad dalam berbagai kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk menciptakan sinergitas Fakultas Kedokteran Unpad dengan Stakeholder.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. med. Setiawan, dr., AIFM. menyampaikan bahwa dalam mengahadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), FK Unpad  berhasil menjawab tantangan dengan solusi dan terobosan  dengan melakukan sejumlah inovasi diantaranya melakukan penelitian vaksin Covid-19 yang dimulai sejak Bulan Juli 2020.

“FK harus bermanfaat & mendunia, bermanfaat dalam mengatasi masalah Covid-19 dengan berbasis keselamatan masyarakat, kerjasama dengan  beberapa mitra diluar Unpad, seperti ITB, PT. Biofarma, PT Cendo Pharmaceutical serta Pemerintahan di Kota Bandung. FK mendunia dengan memperoleh peringkat 551-600 World University Ranking. Hal tersebut tentunya merupakan tantangan bagi FK agar terus mengembangkan kerjasama Internasional” Ujar Setiawan.
Beberapa pembicara yang hadir menyampaikan Orasi Ilmiah adalah Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan, Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka, SpP.F.C.C.P, dengan judul “Terobosan Inovasi Pengembangan Vaksin di Indonesia”, Direktur Utama PT. Biofarma Ir. Honesti Basyir, M.M., dengan judul “Pengembangan Industri Vaksin di Indonesia”, dan Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr.,SpAK.,MM dengan judul “Riset Sepanjang Hayat bidang Vaksin untuk Daya Saing Bangsa”.

Staf Khusus Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander Kaliaga Ginting Suka, SpP.F.C.C.P  dalam Orasi Ilmiahnya mngatakan bahwa diperlukan terobosan dan sinergi  untuk dapat mempercepat produksi dan distribusi vaksin Covid-19.

Sementara dalam paparannya Direktut Utama PT.Biofarma, Ir. Honesti Basyir, MM, mengatakan, bahwa inovasi adalah kunci kesuksesan industri farmasi, skema kolaborasi dan open innovation penting untuk diterapkan.

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan untuk pencipta lagu Hymne FK Unpad oleh PT. Biofarma dan PT. Cendo, serta penyerahan cinderamata kepada perwakilan Purnabakti, dan peresmian studio FK Unpad. Semoga dengan terlaksananya acara Dies Natalis ke-63 ini menjadikan FK sebagai Aset Nasional yang dapat memberikan kontribusi, dedikasi dan komitmen yang positif dalam bidang kesehatan. (Red/WR)

TerPopuler