Header Ads

Di Masa Pandemi Covid-19 Pelaku Usaha Kecil Di Purwakarta Masih Bisa Berinovasi




Aspirasijabar.net, Purwakarta-
Sebuah pepatah “usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil” memang benar adanya. Ketekunan dan kerja keras yang dilakukan oleh Adeng Kamaludin (35) untuk meraih impiannya mempunyai tempat sablon demi hidup yang lebih baik kini terwujud.

Namun demikian, apa yang diraih oleh Adeng kamaludin saat ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kamal, panggilan Adeng kamaludin, mulai merintis usahanya tahun 2017.

Usaha sablon yang dengan modal sendiri dan alat seadanya, juga tempat usaha hanya rumahan saja.

"Waktu awal-awal hanya bermodalkan seadanya saja, dan tentu dengan tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan dibidang sablon ini," ujar Kamal kepada Clikberita.com, Minggu (22/11/20).

Tempat sablon Kamal dari 2017 diberi nama "Sakambang screen printing", Kamal menggunakan nama itu karena bentuk kecintaannya terhadap daerahnya yaitu Desa Sakambang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

"Nama tempatnya saya beri nama Sakambang screen printing, karena daerah saya di Sakambang dan itu merupakan bentuk kecintaan saya terhadap daerah, namun bukan hanya itu kedepan semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar," imbuhnya.


Dimasa pandemi covid-19

Dimasa pandemi covid-19 ini Kamal bisa bertahan dengan terus melakukan inovasi terkait pemasarannya.

"Dimasa pandemi ini Alhamdulillah saya bisa bertahan, dengan cara jualan yang memanfaatkan media sosial," tambahnya.

Disisi lain, Pengurus UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Pribumi Purwakarta Rudiana Efendi, mengapresiasi semangat Kamal dalam menjalankan usahanya.

"Kamal adalah contoh pelaku UMKM yang tidak patah semangat dalam berwirausaha walaupun dimasa pandemi saat ini, semoga semua pelaku UMKM khususnya di Purwakarta bisa beradaptasi dengan dunia saat ini, salahsatunya memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi, dan semoga pemerintah setempat bisa lebih memperhatikan nya," pungkasnya.

(Kus)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.