KOWAL PEDULI MASYARAKAT NELAYAN MUARA ANGKE -->

KOWAL PEDULI MASYARAKAT NELAYAN MUARA ANGKE

19 Des 2020, Desember 19, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Jakarta- 18 Desember 2020,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya ke 58 yang mengambil tema  “Berprestasi untuk Negeri, Berkarya bagi Bangsa”. Jajaran Korps Wanita TNI Angkatan Laut (KOWAL) wilayah Jakarta menggelar aksi peduli sosial masyarakat nelayan di Muara Angke. Jakarta Utara (17/12).

Kegiatan bakti sosial (baksos)  ini  sebagai bentuk kepedulian dan empati terhadap masyarakat, sekaligus  implementasi  mendukung  upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang mengalami dampak ekonomi secara langsung sebagai akibat wabah pendemi Covid-19. Sasaran bakti sosial  ini warga Kampung Kerang Ijo. RT 006/Rw 006 Kelurahan Pluit dengan sebanyak 300 kepala keluarga (KK). Bentuk bantuan baksos berupa  pemberian paket sembako, rapid tes, pembagian masker, dan sosialisai 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Kampung Kerang ijo menjadi sasaran baksos karena kampung ini  sebagian besar warganya sehari-hari bekerja sebagai nelayan tradisional dan pengupas kerang ijo. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat dalam bagi kehidupan perekonomian warga. Selain itu, warga kampung ini  kesehariannya juga mengalami kesulitan  karena wilayahnya sering terjadi  banjir Rob.

Baksos  yang dipimpin Pabandya Bin Kowal Spersal Letkol Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S.Sos, didampingi Wakil Ketua Panitia HUT Kowal Letkol Laut (KH/W) Maria Ruslan, S.E. ini  bekerja sama dengan Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal III Jakarta selaku pembina masyarakat di daerah pesisir. Ikut serta pada kegiatan ini  perwakilan Pater Kowal wilayah Jakarta
Aksi peduli sosial ini mendapatkan respon yang sangat baik dan antusias dari masyarakat  dan warga setempat yang merasa terbantu. Melalui salah satu tokoh masyarakatnya, warga menyampaikan rasa terima kasih dan merasa senang,  sekaligus bentuk kehormatan bagi warga kampung  atas  kepedulian Kowal.

Kegiatan baksos  ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT Kowal  tahun 2021. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan pendahuluan berupa anjangsana dan silaturahmi kepada sesepuh Kowal, anggota Kowal yang sakit,  Donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), serta kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. Rencananya puncak acara HUT akan digelar tanggal 5 Januari 2021,  berupa upacara militer dan syukuran secara terbatas serta sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.  

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

( Red )

TerPopuler