Tahun Ajaran Baru 2021 Pendidikan Harus Berkualitas -->

Tahun Ajaran Baru 2021 Pendidikan Harus Berkualitas

30 Des 2020, Desember 30, 2020
Pasang iklan
Aspirasijabar | Kota.Bandung- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menggelar Refleksi Akhir Tahun Pendidikan di Kota Bandung dengan tema "Merajut Harapan Menuju Pendidikan yang Berkualitas dan Accaesible di Masa Pandemi Covid-19" di Grand Tebu Hotel, Kota Bandung, Rabu 30 Desember 2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna yang hadir pada acara tersebut mengatakan, saat ini pendidikan tatap muka belum tepat dilakukan. Pasalnya situasi dan kondisi masih belum memungkinkan.

"Meskipun sudah ada arahan dari pusat namun tetap kita harus memperhatikan banyak hal. Nanti secara bertahap kita akan terus lengkapi apa saja yang dibutuhkan," tutur Ema.

Sementara itu, Sekretaris Disdik sekaligus Ketua PGRI Kota Bandung, Cucu Saputra mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk membangun kolaborasi dari berbagai stakeholder pendidikan.

Harapannya bisa lebih meningkatkan kualitas pendidikan di tahun 2021.

"Bukan mengevaluasi, tapi secara jujur posisi pendidikan hari ini seperti apa? Sehingga ketika ada ketidaksempurnaan bisa menjadi catatan-catatan perbaikan di tahun 2021," terang Cucu.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting, salah satunya yaitu dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yaitu tentang upaya meningkatkan PJJ yang lebih berkualitas.
Pasalnya, kata Cucu, berdasarkan hasil FGD sebelumnya, tentang Persiapan Pembelajaran Semester Genap yaitu pihaknya akan merekomendasikan memperpanjang PJJ yang lebih berkualitas.

Kebijakan tersebut diambil karena saat ini Kota Bandung masih dalam zona resiko tinggi penyebaran Covid-19.

"Jadi memperpanjang PJJ, dengan catatan yang lebih berkualitas. Bukan membuat keputusan, tapi merekomendasikan," tutur Cucu.

"Bahwa sejak awal, keselamatan anak yang utama. Karena berdasarkan data, penyebaran Covid-19 masih tinggi," imbuhnya.

Menurutnya, PJJ yang lebih berkualitas yaitu harus meningkatkan mulai dari segi konten, akses, kompetensi guru, dan peran serta orang tua. Sebab semuanya tidak bisa berdiri sendiri secara parsial.

"Contoh tentang peran orang tua, ini harus semua pihak mendorong itu agar pendidikan itu peran-perannya terdistribusi secara baik," terang Cucu.

"Ada pendidikan formal dan ada pendidikan informal. Pendidikan keluarga ini adalah pendidikan informal yang belum tersentuh secara optimal."

"Dengan adanya situasi hari ini adalah triger untuk mendorong ke situ, bahwa pendidikan keluarga itu yang lebih penting di situasi saat ini," lanjutnya.


( Red )

TerPopuler