KEMPAKA Ingatkan Pentingnya Kepentingan Masyarakat Untuk Wacana DOB Kota Cikampek -->

KEMPAKA Ingatkan Pentingnya Kepentingan Masyarakat Untuk Wacana DOB Kota Cikampek

Jan 24, 2021, January 24, 2021
Pasang iklan


Aspirasijabar.net, Karawang-
Keluarga Mahasiswa Pelajar Karawang (KEMPAKA Bandung Raya) gelar acara webinar terkait urgensi pembentukan otonomi daerah baru kota Cikampek melalui aplikasi Zoom meeting kemarin (23/1/2021) diskusi ini dihadiri oleh tokoh lintas sektor.

Di antaranya, perwakilan pemkab Drs. Acep Jamhuri, M.Si sebagai sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sabil Akbar, S.IP , Lalu, perwakilan Akademisi Dadan Kurniansyah, S.IP., M.Si., dan juga Ketua Komite Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek Jajat Munajat, B.BA.

Ketua Umum KEMPAKA Bandung Raya Sirojudin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan untuk melihat motif dan urgensinya pembentukan DOB Kota Cikampek. Pada dasarnya tujuan pemekaran itu untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pelayanan kualitas pulbik jadi jangan sampai pemekaran ini pada akhirnya hanya dinikmati oleh segelintir orang atau kelompok saja tidak mengakomodir semua kepentingan masyarakat.

Pada kesempatan Webinar ini Jajat Munajat, menyatakan bahwa persyaratan kewilayahan DOB kota Cikampek yang terdiri dari luas wilayah, jumlah penduduk minimal, jumlah kecamatan, batas wilayah dan usia kabupaten dan pkecamatan, telah memenuhi persyaratan kewilayahan dan administrasi. 


Dadan Kurniansyah, S.IP., M.Si  selaku Akademisi Ilmu Pemerintahan UNSIKA berpendapat bahwa secara yuridis dan admimistratif, penyempurnaan dokumen usulan yang digagas pemrakarsa dan diperlukan komunikasi politik yang lebih komprehensif dengan bupati Karawang sebagai _political will maker_ dan pengambil keputusan untuk mendukung kajian lebih lanjut dari Komite Pembentukan Kota Cikampek.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sabil Akbar, S.IP mengapresiasi dan mendukung pemekaran Kota Cikampek karena baginya ini adalah bagian dari aspirasi masyarakat, "kami di DPRD Provinsi siap mengawal dan mendukung agar Kota Cikampek segera terwujud" janjinya

Sementara itu sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Drs. Acep Jamhuri, M.Si secara pribadi saya mengapreasiasi pembentukan DOB Kota Cikampek tetapi ada proses komunikasi politik yang harus ditempuh melalui DPRD dan Bupati karawang serta harus ada integrasi sosial.

(Kus)

TerPopuler