Minimnya Dokter Spesialis Menjadikan' Rencana RSUD Pulau Morotai Bertaraf Interbasional Masih Jauh Dari Harapan -->

Minimnya Dokter Spesialis Menjadikan' Rencana RSUD Pulau Morotai Bertaraf Interbasional Masih Jauh Dari Harapan

Jan 27, 2021, January 27, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Morotai- Rencana Pemerintah Daerah untuk menjadikan RSUD Pulau Morotai bertaraf Interbasional masi jauh dari harapan pasalnya dari segi pelayanannya saja masi banyak pasien yang harus di rujuk ke luar Daerah.

Hal tersebut karena, minimnya tenaga dokter spesialis di RSUD Pulau Morotai sehingga masi ada pasien yang masi harus di rujuk ke luar Morotai.

dr. Toni Humbas ketika di konfirmasi sejumlah wartawan rabu, (27/01/2021). Mengatakan, RSUD Morotai saat ini belum bisa menangani semua penyakit itu karena, masi ada beberapa penyakit tertentu yang belum mimiliki dokter spesialis sehingga harus di rujuk ke luar.

Misalnya dokter Telinga, hidung dan tenggorokan (THT) itu kan belum ada di RSUD Morotai sehingga bila ada pasien yang masuk dengan gejala tersebut terpaksa harus kita rujuk ke Ternate katanya.

Selain itu dokter spesialis Saraf, kalau bisa di tangani di RSUD Morotai maka akan di tangani namun, bila butuh pemeriksaan Saraf yang lebih maka akan di rujuk juga ujarnya.

Begitu juga dengan dokter mata. Di tahun kemarin sebenarnya kita punya dokter spesialis tapi, karena kontraknya habis di bulan desember kemarin sehingga dokternya sudah pulang. 

Nah, untuk dokter spesialis lainnya kita punya ada baik spesialis anak, penyakit dalam, spesialis kandungan, dan spesialis bedah. Tapi, sekalipun sudah ada ketika ada hal-hal khusus seperti di bedah kita tetap rujuk.

"Jadi untuk di bedah misalnya konseling bedah, bedah digestik, atau bedah paru terpaksa kita harus rujuk juga ke Ternate karena, ada alat khusus yang belum di miliki RSUD Morotai" katanya.

Sementara untuk alat pelayanan dasar sudah di miliki semua hanya saja bila alat bedah yang lebih dalam lagi butuh alatnya yang sensitif  dan khusus.

"Jadi standar untuk alat pelayanan dasar sudah ada begitu juga dengan dokter spesalis cuman, ada beberapa dokter yang memang sebagian belum ada" katanya.

Apabila di tahun ini dokter Mata, THT dan Saraf sudah di penuhi maka RSUD Morotai sudah bisa layani namun, bila di butuhkan yang lebih akan di rujuk juga bahkan rujukannya sampai ke Manado.


Sumber : (oje)

TerPopuler