Serma M.Agus Pastikan Stok Beras Aman Untuk Bulan Ramadhan -->

Serma M.Agus Pastikan Stok Beras Aman Untuk Bulan Ramadhan

25 Apr 2021, April 25, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Aceh Timur - Dimasa bulan Ramadhan kita dihadapkan dengan yang kedua kalinya  wabah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung, Babinsa Koramil 21/Madat Kodim 0104/Aceh Timur Serma M. Agus melaksanakan pemantauan ketersediaan beras di kilang padi di Gampong Matang Kupula Dua, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, Minggu (25-04-2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui ketersediaan stok beras yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan beras diwilayah Kecamatan Madat pada umumnya, bahkan ada yang disuplai ke kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Timur maupun Kota Langsa. Untuk harga beras per 1 kg berkisar Rp. 10.600,- hingga Rp. 10.800," ungkap Babinsa.

Dari pantauannya ini, di dapatkan informasi bahwa untuk saat ini stok di penggilingan padi milik Usman mencapai 4,5 ton selama musim panen. 

Masyarakat sekitar umumnya menjual sebagian padi mereka untuk konsumsi dan mengganti biaya operasional saat proses tanam hingga panen dan sebagian lagi disimpan dirumah masing-masing sebagai stok.

“itu pak Babin, semua hasil panen dari Gampong Matang Kupula Dua sendiri, dalam sekali masa panen dari Gampong ini kurang lebih menghasilkan 283.500 ton,” cetus Usman selaku pemilik kilang.

Usman juga mengungkapkan bahwa padi di kilang nya yang didapat dari panen Gampong Matang Kupula Dua cukup bagus dan berkualitas.

Ia juga mengatakan bahwa selaku masyarakat merasa senang, apabila Babinsa terus mengawal petani dan terus selalu mengecek langsung kelapangan sehingga dapat menstabilkan stok beras di Gampong binaan, apalagi sekarang di bulan Ramadhan.

“Kita berdoa semoga dalam tahun ini petani kita dapat melaksanakan 2 kali musim tanam agar stok padi tetap terjaga, walau mungkin kendalanya sawah kita adalah sawah tadah hujan, tidak menjamin dapat terlaksananya musim tanam selanjutnya, namun demikian diharapkan petani kita menanam tanaman lain agar lahan sawah tetap menghasilkan,” harap Serma M. Agus.

Ia juga mengingatkan kepada Usman harus terus menjaga stok padi dan menstabilkan harga beras di Gampong ini, dan tidak lupa pula mengingatkan selalu menjaga protokol kesehatan, karena kita masih dalam masa Pandemi Virus Covid-19," pungkasnya.


Red,

TerPopuler