Terik Panas Matahari tak Surutkan Babinsa Koramil Rantau Seulamat Bantu Petani Panen Padi -->

Terik Panas Matahari tak Surutkan Babinsa Koramil Rantau Seulamat Bantu Petani Panen Padi

4 Apr 2021, April 04, 2021
Pasang iklan
Aspirasijabar | Aceh Timur - Sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama Rakyat demi mewujudkan swasembada pangan Nasional, Babinsa Koramil 03/Rantau Seulamat Kodim 0104/Aceh Timur, Serda Sugeng, Minggu (04-04-2021) ikut turun ke sawah membantu panen padi petani di Gampong binaannya.

Terik panasnya matahari menyengat kulit tidak menyurutkan Serda Sugeng, untuk bebaur dengan petani, saat panen padi milik Ibu Asni, di Gampong Seuneubok Dalam, Kecamatan Rantau Seulamat, Kabupaten Aceh Timur.

Ibu Asni, yang merupakan salah satu anggota kelompok tani (Poktan) Gampong Seuneubok Dalam ini memiliki lahan sawah seluas 10 Rante dan seluruhnya sudah siap untuk dipanen.

Serda Sugeng yang bertugas sebagai Babinsa di Gampong tersebut, turut memberikan pendampingan kepada Ibu Asni. Ia terlihat turun langsung ke sawah membantu memotong padi.

“Ibu Asni sudah mulai panen seluas 10 Rante. Saya ikut turun ke sawah untuk membantunya dan semoga dapat selesai dengan cepat,” kata Serda Sugeng.

Meski cuaca panas seakan membakar kulit tidak menjadi penghambat bagi mereka untuk tetap mengumpulkan padi hasil jerih payah petani binaannya selama ini.

Bagi Serda Sugeng, kehadiran Babinsa turun ke sawah mendampingi petani bukan hal yang asing lagi, sudah sering bertemu dan membantu petani baik pada saat mengolah lahan hingga masa panen seperti saat ini.

Menurut Babinsa ini, harapan para Babinsa turun ke sawah membantu petani agar dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani, sehingga mereka lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan.

"Kebersamaan di sawah kiranya dapat menciptakan rasa kedekatan dan rasa kekeluargaan kami dengan warga binaan," sebutnya.

Sementara Danramil 03/Rts, Kapten Inf Widarmawan, menambahkan, agar program Hanpangan dapat tercapai, maka para Babinsa sebagai Aparat Komando Kewilayahan wajib selalu melakukan pendamping di lapangan.

Pendampingan di lapangan ini untuk memberikan arahan dan motivasi tinggi kepada para petani, agar apa yang menjadi kesulitan yang dihadapi oleh para petani dapat segera teratasi.

Tidak hanya pada masa panen seperti ini saja, akan tetapi Babinsa melaksanakan pendampingan pertanian mulai dari masa olah lahan, masa tanam, masa perawatan, dan masa panen seperti yang dilakukan Serda Sugeng.

Ibu Asni, pemilik lahan tanaman padi, mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya, karena berkat bantuan dan pendampingan dari Babinsa Koramil Rantau Seulamat.

Diakui Bu Asni, ia bisa merasakan hasil panen yang lebih baik pada tahun ini bila dibandingkan pada tahun kemarin.

“Dengan adanya kegiatan pendampingan dari Babinsa hasil panen tahun ini meningkat. Terimakasih atas pendampingan Pak Babinsa selama ini," imbuhnya.


Red"

TerPopuler