proyek bodong Kementrian PU dan pemukiman dirjen sumberdaya air II MALUKU UTARA -->

proyek bodong Kementrian PU dan pemukiman dirjen sumberdaya air II MALUKU UTARA

24 Agu 2021, Agustus 24, 2021
Pasang iklan



Aspirasijabar || MOROTAI- Proyek pekerjaan kegiatan Berkala bangunan pengaman pantai Desa Wawama Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) diduga proyek siluman. Pasalnya, proyek pekerjaan pemeliharaan talud penahan ombak Desa Wawama itu tidak di cantumkan sejumlah item yang semestinya dicantumkan seperti, besaran dana, Volume pekerjaan dan jangka waktu pekerjaan, namun yang tertulis di papan proyek pekerjaan itu hanyalah Nama PPK, jenis kegiatan, Lokasi, Sumber Dana, pelaksana dan tahun pelaksanaan. 

  Dengan demikian, pelaksanaan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya.

  Sementara Pengawas pemeliharaan pekerjaan talud penahan ombak Desa Wawama, Musrik, ketika dikonfirmasi awak media soal besaran dana pekerjaan, dirinya mengaku tidak tahu lantaran dirinya juga hanya di minta untuk mengawasi berjalannya proses pekerjaan tersebut."Saya cuma saya pe itu dari Lao dorang turun kong titip pa saya mengawas. Artinya saya me dong cuma Kase itu tarada,"ungkap Musrik, Selasa (24/08). 

  Bahkan dirinya mengaku bahwa papan nama proyek itu sudah seperti itu yang di kirim dari Provinsi. Bahkan dirinya juga mengaku bahwa dalam proses pekerjaan itu dirinya hanya di berikan arahan untuk pekerjaan tersebut. 

  Kembali ditanya berapa lama waktu pekerjaan, dirinya mengaku bahwa waktu yang diberikannya hanya Dua bulan untuk pekerjaan tersebut."Dia pe target si yang dong Maso pertama bilang dia harus Dua bulan, dalam 7 paket itu dia harus Dua bulan sudah harus selesai, sedangkan yang dong kamari ini so Satu bulan lebih baru proyek datang.

  Menurutnya, Ketujuh paket pekerjaan tersebut tersebar di beberapa titik di Pulau Morotai diantaranya, Desa Daruba, Wawama, Momijiu, Sambiki dan Sangowo dan beberapa tempat lainnya. 
  Untuk diketahui, dalam papan nama proyek itu lebih jelasnya hanya tertulis, PPK, Operasi dan Pemeliharaan SDA II. Kegiatan: Kegiatan Berkala bangunan pengaman pantai Wawama. Lokasi: Kabupaten Pulau Morotai. Sumber Dana: APBN atau Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pelaksana: Swakelola. Tahun: 2021.(oje)

TerPopuler