TMMD Langkah Nyata Bakti Kodam IV/Diponegoro Kepada Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 -->

TMMD Langkah Nyata Bakti Kodam IV/Diponegoro Kepada Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19

13 Okt 2021, Oktober 13, 2021
Pasang iklan



aspirasijabar.net Magelang – Guna mengevaluasi pencapaian  sasaran fisik maupun non-fisik dalam pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112 yang sedang terlaksana di Kodim 0705/Magelang, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto didampingi Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K., kunjungi Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Rabu (13/10/2021).

Dalam pelaksanaannya, TMMD merupakan Ops Bakti TNI yang dilakukan secara terpadu, bersama-sama dengan masyarakat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) yang menyasar pada giat fisik maupun non-fisik dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah (Desa) yang masih terisolir dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.



Berkaitan dengan hal tersebut sejak dibuka pada Bulan September lalu (15/09), beberapa sasaran fisik seperti pembangunan pengecoran blok jalan yang memiliki panjang 1.400 M berfungsi sebagai jalur distribusi pertanian dan jalur tembus yang menghubungkan ke jalan provinsi serta jalur evakuasi terhadap bencana apabila terjadi longsor maupun erupsi gunung merapi. Selain itu juga sebagai akses jalan bagi pariwisata.

Tidak hanya pembangunan blok jalan, sasaran fisik seperti pembangunan saluran air sepanjang 585 M, pembuatan senderan bagi lahan pertanian sepanjang 50 M serta perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga menjadi tujuan utama dalam program TMMD Reguler ke-112 yang dilakukan di wilayah Kodim 0705/Magelang. Dengan harapan dalam pelaksanaannya dapat meningkatkan pendapatan maupun kesejahteraan masyarakat.

Beberapa sasaran non-fisik seperti berbagai penyuluhan diantaranya wawasan kebangsaan, bela negara, narkoba, disiplin hukum, penggunaan medsos, penggunaan listrik dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) juga dilaksanakan guna memberikan pemahaman maupun edukasi kepada masyarakat agar selalu waspada dalam melakukan tindakan. Termasuk penyuluhan tentang kesehatan yaitu stunting bagi ibu hamil, Posyandu, Posbindu maupun Covid-19, serta kegiatan bhakti sosial seperti donor darah, khitanan massal dan pembinaan usaha kecil turut meramaikan program TMMD Reguler ke-112 tersebut. 

Selain pengecekan TMMD, Pangdam IV/Diponegoro yang didampingi Kapolda Jateng juga turut menghadiri acara Pengabdian 33 tahun TNI - POLRI  Akabri 89 , dimana selama masa pandemi kegiatan bakti sosial telah banyak dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak, termasuk pelaksanaan vaksinasi serta pemberian sembako. 

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 4.000 paket akan didistribusikan ke wilayah pelaksanaan TMMD yang tersebar di Jateng. Termasuk pembagian 1.000 paket sembako untuk warga Dusun Gondangsari, Desa Ketep.

“Terimakasih kepada rekan-rekan Akabri 89 dan stakeholder lainnya atas sinergitas maupun kerja-sama TNI-Polri dalam menangani Covid-19. Karena kebersamaan dan gotong royong ini menjadi kekuatan kita bersama”

Pangdam juga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Jateng yang telah mendukung semua pelaksanaan tugas TNI serta menghimbau kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksin agar melaporkan diri ke Kodim maupun Polres terdekat.

“Semoga langkah-langkah ini bisa membantu masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19”

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K mewakili Kepolisian Jateng turut mendukung penuh atas pelaksanaan TMMD, dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat yang tinggal di daerah terisolir.

“Semoga TMMD ini dapat memberikan pelayanan pembangunan kepada masyarakat, sehingga lebih mendekatkan hubungan antara masyarakat dengan TNI-Polri”

Diharapkan selama pengerjaan hingga selesainya TMMD Reguler ke-112 tersebut dapat menumbuhkan semangat gotong-royong, rasa kekeluargaan antar masyarakat dengan TNI serta dapat meningkatkan pendapatan maupun kesejahteraan masyarakat Desa Ketep dan lebih cinta kepada NKRI.

(Pendam IV/Diponegoro)

TerPopuler