Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Memberikan Pelatihan Pakan Ternak di Kecamatan Ujungjaya -->

Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Memberikan Pelatihan Pakan Ternak di Kecamatan Ujungjaya

17 Jun 2022, Juni 17, 2022
Pasang iklan




Foto Istimewa

AspirasiJabar || Sumedang - Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas peternakan rakyat, pemerintah  Kecamatan Ujungjaya  mengandeng      Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran   untuk memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak bagi Masyarakat dan Kelompok Ternak seKecamatan Ujungjaya pada hari kamis 16 Juni 2022 bertempat di Pendopo Kecamatan Ujungjaya.


Keseharian penduduk Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang  memiliki kegiatan bertani dan berternak. Untuk menunjang kegiatan tersebut maka diadakan berbagai pelatihan, salah satunya yaitu pelatihan pembuatan pakan ternak. Pembuatan pakan ternak ini sangat bermanfaat untuk para peternak, karena pada dasarnya  pengolahan pakan yang baik itu sangatlah penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.
Menurut Didin Hermawan,S.Sos.,M.Si Camat Ujungjaya, untuk wilayah Kecamatan Ujungjaya program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini mungkin pertama dan kegiatan ini kelanjutan dari  pelatihan pelatihan yang yelah dilaksanakan sebelumnya, Dalam program kerja kecamatan Ujungjaya salah satunya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang peternakan dan pertanian.


Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang pakan ternak  yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Kecamatan Ujungjaya  sehingga hasil yang di capai pun maksimal. Pada pelatihan pembuatan pakan ternak ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi.
“Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peternak terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak  bridding dan usaha penggemukan di kecamatan Ujungjaya,” jelas Didin Hermawan,S.Sos.,M.Si.

Camat Ujungjaya  Didin Hermawan,S.Sos.,M.Si   membuka Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak (foto agus)



Didin menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan SDM Peternak di Kecamatan Ujungjaya.

Adapun narasumber yang memberikan materi pelatihan adalah Prof.Dr.Ir. Ujang Hidayat Tanuwiria.MS., Dr.Ir.H.Iman Hernaman,M.Si., Dr.Ir. Budi Ayuningsih,MS., Dr.Iin Susilawati,S.Pt.,M.P., Urip Rosani,S.Pt.,M.Si.,  Ir.Tidi Dhalika.,MS dan Ir.Atun Budiman.,MSi. dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang menyampaikan materi tentang Tata Laksana Pemberian Pakan Domba dan Jenis jenis Hijauan Untuk Menunjang Produktifitas Ternak.
Prof.Dr.Ir. Ujang Hidayat Tanuwiria.MS. salah satu narasumber mengatakan “Terima kasih kepada bapa camat atas sambutannya dan kegiatan pelatihan merupakan  salah satu program kami yaitu pengabdian kepada masyarakat dan melaksanakan  Program Kerjasama antara Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan peternakan di Kabupaten Sumedang, dan saya informasikan juga ke Pa Camat  bahwa Mahasiswa Universitas Padjadjaran akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerya Nyata di Kecamatan Ujungjaya dengan dosen  pembingbing Dr.Ir. Budi Ayuningsih,MS.”
Sementara. Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M,Si dalam pemaparanya tentang Tata Laksana Pemberian Pakan Domba, Untuk itu sejak awal dia mengingatkan bagi masyarakat yang beternak domba untuk menetapkan tujuan awal spesifik. Ada beberapa pilihan antara lain  untuk pembibitan, bridding  atau penggemukan, serta dalam pemilihan pakan ternak domba haruslah tepat protein, nutrient dan energi. Karena di Kecamatan Ujungjaya pakan ternak sangat banyak tinggal mengolah saja dan berapa nutrien dan energi yang di perlukan oleh ternak dan Peternak tinggal memenej saja pakan yang akan di berikan kepada ternaknya.


Sedangkan Dr.Iin Susilawati,S.Pt.,M.P.,  yang menyampaikan materi dengan judul Jenis Jenis Pakai Hijauan Untuk Menunjang Produktifitas Ternak,  tentang macam macam rumput untuk pakan ternak dan  cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi mulai dari membuat perencanaan, menyiapkan peralatan dan menyiapkan bahan. Kemudian langkah membuat pakan fermentasi serta  menyiapkan pakan sudah bisa diberikan kepada hewan ternaknya.
“Hijauan pakan adalah produk yang dihasilkan dari tanaman pakan atau tumbuhan lain yang menghasilkan biomasa dan berklorofil yang dapat berfungsi sebagai hijauan pakan, sehingga hijauan pakan dapat diperoleh dari semua tanaman pakan atau tanaman lain seperti jagung, jerami padi, kakao, pelepah kelapa sawit, pelepah pisang, pelepah sagu dan lain-lain, Hijauan pakan berperan sangat penting baik secara strategis maupun teknis dalam upaya mengembangkan ternak ruminansia. Sebagai sumber utama serat kasar, pakan hijauan dari jenis rumput dan legume mampu mensuplai kebutuhan protein bagi ternak sapi untuk hidup pokok, pertumbuhan, produksi daging dan reproduksi.”ujar Iin
Setelah pemaparan  teori dalam pelatihan tersebut  dilanjutkan ke acara diskusi yang di selenggarakan  secara hangat di mana para peserta pelatihan menayakan tentang pakan ternak dan ingin adanya praktek tentang pembuatan pakan ternak dan pertayaan tersebut di jawab dengan lugas oleh Dr.Ir.H.  Iman Hernaman.M.Si. (ags/Red)

TerPopuler