Pembangunan Wastafel Di SDN Nangerang Diduga Anggaran Siluman -->

Pembangunan Wastafel Di SDN Nangerang Diduga Anggaran Siluman

22 Jun 2022, Juni 22, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumdang - Proyek pembangunan fisik Pemerintah tanpa papan informasi rawan korupsi Karenanya, diminta untuk setiap pekerjaan yang menggunakan uang Negara harus dipasang papan nama.

Seperti halnya, Pembangunan Wastafel atau alat pencuci tangan di SDN Nangerang Desa Banyuresmi Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Saat Tim Media Mendatangi SDN Nangerang terlihat adanya pembangunan Wastafel dan saat Tim Juga memperhatikan pembangunan tersebut teryata tidak ada Papan Informasi kegiatan,

Padahal, berdasarkan aturan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah, keberadaan papan informasi kegiatan wajib terpangpang papan informasi, sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan meski kadang dipandang sebelah mata.

Sesuai peraturan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kewajiban memasang plang papan nama tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.
Awak Media mencoba untuk Mengklarifikasi kepada Kepala Sekolah SDN Nangerang namun kebetulan Pihak Kepala Sekolah sedak berada di luar Sekolah dan Tim Media lanjut mengklarifikasi Via Whats App tentang pembangunan Wastafel.

Kepala Sekolah menyampaikan Via By Phone menuturkan, "Bahwa anggaran pembuatan wastafel tersebut bersumber dari Anggaran Desa, pihak Sekolah hanya penerima manfaat saja," Ujar kepsek.

Tak luput juga Awak Media, Mengklarifikasi kegiatan tersebut kepada Kepala Desa Banyuresmi melalui Chating Whats App beberapa kali namun hanya di Baca tidak pernah di balas, dan di telepon juga tidak pernah menjawab.

Sampai berita ini ditayangkan pihak kepala desa belum menjawab terkait pembangunan tersebut. (Red***)

TerPopuler