Peternak Ulat Jerman Menerima Kunjungan dari Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang -->

Peternak Ulat Jerman Menerima Kunjungan dari Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang

23 Jun 2022, Juni 23, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Kepala Dinas Perikanan dan Petenakan, Kabupaten Sumedang H.Nandang Suparman pada hari Rabu 22 Juni 2022 melakukan kunjungan kerja di Peternak Milenial Ulat Jerman Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Rie Erwanto, tepatnya di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Kepala Dinas di terima oleh Peternak Milenial Rie Erwanto bersama Dr.Ir. Endang Sujana.S.Pt.,MP.,IPM. Manajer Pembelajaran,Kemahasiswaan dan Alumni Fapet Unpad. 

Kepala Dinas meninjau tempat ternak ulat jerman yang dikelola oleh Rie Erwanto, Kepada Peternak milenial ulat jerman Rie Erwanto, H. Nandang Suparman menggali informasi tentang pengelolaan ulat jerman tersebut mulai dari pembibitan sampai dengan proses panen hingga menjualnya.

Dalam kesempatan itu Rie Erwanto menjelaskan Ulat jerman atau yang dikenal dengan sebutan super worm merupakan jenis ulat yang banyak digunakan sebagai pakan reptil, burung, unggas, dan ternak 
lainnya. Kandungan protein dan zat gizi pada ulat jerman lebih tinggi daripada jenis ulat lainnya. 

Selain itu, ulat jerman juga bisa digunakan sebagai tambahan bahan baku produk kecantikan karena kandungan proteinnya yang bagus untuk kulit. Di beberapa negara, ulat ini banyak dijadikan sebagai pengganti protein hewani. 
Eri sedang menjelaskan tentang ulat jerman kepada Kepala Dinas Perikanan dan 
Peternakan Kabupaten Sumedang (foto:agus)“ 

Dalam hal ini, Eri sendiri sudah menggeluti bisnis tersebut sudah 3 tahun lamanya diawal tahun 2019. Eri menjelaskan, sejak awal pandemi Covid 19, Eri mulai menggeluti budi daya ulat Jerman dengan belajar dari para seniornya di fakultas peternakan Unpad dengan modal sebesar Rp.500.000. 

"Per kilonya saya menjual dengan harga 40 sampai 80 ribu dalam sebulan tergantung suplai pembelinya' ungkapnya, Rabu (22/06/2022) 

Kedatangan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang di Tempat Ternak Milenial Ulat Jerman Rie Erwanto,"Rie berharap pada masa yang akan datang dapat menerima bantuan bibit maupun modal. Kepala Dinas berpesan, dengan potensi ternak ulat jerman yang di kelola oleh Rie Erwanto dapat ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. 

Dinas Perikanan dan Peternakan melalui para penyuluh yang ada di lapangan akan mendampingi para pelaku utama budidaya Peternak Ulat Jerman. Pada waktunya nanti Peternak Ulat Jerman akan difasilitasi oleh penyuluh untuk membuat proposal sesuai dengan kebutuhan Peternak.


(Agus) / Red

TerPopuler