DPRD Kota Cimahi kedatangan tamu DPRD Wonogiri dan 10 orang Wartawan -->

DPRD Kota Cimahi kedatangan tamu DPRD Wonogiri dan 10 orang Wartawan

27 Jul 2022, Juli 27, 2022
Pasang iklan



Aspirasi Jabar || Cimahi - Sebanyak 35 anggota DPRD Wonogiri dan 10 orang Wartawan DPRD Wonogiri berkunjung ke DPRD Kota Cimahi yang diterima Sekwan DPRD Kota Cimahi H Totong Solehudin, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Ruswanto, Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Teti Megawati, diruang Banmus, Selasa (26/7/2022).

Dalam kunjungan tersebut, yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Siti Hardiyanti, SE, MM, didampingi oleh Sekwan DPRD Kabupaten Wonogiri, Ir Gatot Siswoyo, MM, serta Edi Bagian Umum DPRD Kabupaten Wonogiri.

Pada kesempatan tersebut, H.Totong Solehudin menjelaskan mengenai kondisi Kota Cimahi.

"Luas Kota Cimahi hanya ada 40 km, jadi bila bapak datang ke Kota Cimahi, dari Barat arah Padalarang datangnya dari Timur mungkin Selamat Datang Di Cimahi, kami hanya tiga Kecamatan dan 15 Kelurahan, dan penduduknya berjumlah 627 ribu jiwa," tukas Totong.

Jadi selanjutnya kata Totong, bahwa Cimahi penduduknya cukup padat, sebab perhektarnya saja ada sekitar 400 jiwa jadi melebihi batas WHO yang hanya 90 an jiwa.

"Walaupun Cimahi sebagai Kota terpadat yang di bagi tiga, sepertiganya adalah daerah wilayah TNI, dan sepertiganya lagi adalah wilayah Industri kearah selatan, dan sekarang perusahaan tekstil yang masih bertahan di Cimahi sekitar 400 pabrik dan rata-ratanya PMA," ujarnya pula.

Totong juga menerangkan bahwa sepertiga ke arah Utara adalah hunian. Hal yang lebih dominan menurut Totong, yaitu program pentahelix antara DPRD, insan Pers, akademisi komunitas dan goverment di Cimahi,

"Saya juga sebagai sekwan dua tahun yang lalu, kami telah melakukan kerjasama bersama insan pers, sekarang tidak lagi saling mempresure, tetapi sekarang kami saling mensuport, yaitu kolaborasi pentahelix antara akademisi, bisnis, komunitas, goverment, dan media, semua terkontribusi pada kekuatannya masing-masing," imbuh Totong.

Seperti kata Totong kembali, bahwa Akademisi dengan ilmunya, seperti tenaga ahli fraksinya, atau juga dalam pembuatan naskah akademi.

"Akademisi semua kita rekrut, dan sudah bergabung Alhamdulillah komunitas juga seperti Ormas, LSM, Organisasi sosial politik, sudah bergabung, hanya yang belum itu pembisnis, tapi pada intinya pemodal itu yang punya bisnis, sedangkan anggota dewan di kami ada 45 anggota dewan dengan eksekutif menjadi 47, dan yang mempublikasi adalah Media," paparnya.

Diterangkan pula oleh Totong, dihadapan anggota DPRD dan Wartawan dari Kabupaten Wonogiri, bahwa kolaborasi antara wartawan DPRD dan Sekwan sudah terjalin keterbukaan dan transparan,

"Di samping itu kamipun walaupun baru satu kali mengadakan Coffee Morning Pers dan Forkopimda, namun itu semua berjalan dengan baik," pungkas Totong.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Siti Hardiyani pada kesempata itu menjelaskan situasi Kabupaten Wonogiri,

"Karena Wonogiri itu suatu Kabupaten yang terletak diantara Propinsi Jawa Tengah, sebelah Utara Provinsi Jawa Tengah, artinya Kabupaten Wonogiri masuk ke Jawa Tengah, tetapi disebelah Timur, sudah berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo," terangnya.

Lebih unik lagi, kata Siti, di wilayah sebelah Barat bahwa Kabupaten Wonogiri berbatasan dengan Jogyakarta, dan sebelah Selatan Kabupaten Wonogiri berbatasan dengan Australia,

"Kalau di Kabupaten Wonogiri luas wilayahnya seluas 1.822 Km," Jelasnya.

Diungkapkan Siti, pihaknya ingin silaturahim, untuk mencari referensi yang terkait dengan kemitraan kerjasama antara DPRD dengan wartawan sebagai mitra kerja DPRD. Selain itu Sitipun memperkenalkan selain pimpinan DPRD, pihaknya juga memperkenalkan wartawan peliputan Kabupaten Wonogiri,

"Yang pertama Bambang Purnomo, SE senior Wartawan Wonogiri dari Suara Baru, Kholik Yogi Putranto dari Suara Merdeka, Joko Santoso, SH dari Kedaulatan Rakyat, Lutfi Suci Marzuki dari Solo Pos, Ibad Sudewo Jawa Pos Radar Solo, Iwan Adi Luhung dari Radar Solo, Arif Irianto dari Joglo Semar, Wisnu Tri Pranoto dari TA TV, Rahayu Kinasih dari Radio Giri Suara Wonogiri, dan anggota DPRD-nya berjumlah 50 kursi," bebernya.

Begitu pula keterangan Siti kembali, bahwa di DPRD Kabupaten Wonogiri dari 50 kursi, 28 kursi dari PDI-P, 8 kursi dari Golkar, 4 kursi oleh PKS, 4 kursi oleh Gerindra, 3 kursi oleh PKB, dan tiga kursi lagi oleh PAN,

"Jadi terdiri dari 5 Fraksi, tentu harapan kami, dari DPRD Kabupaten Wonogiri juga rekan-rekan kami wartawan nantinya bisa mendapatkan referensi sebanyak-banyaknya khususnya terkait dengan bidang kehumasan, yang mana mitra kerja antara DPRD dan Wartawan sebagai peliput kegiatan DPRD," jelasnya. (Red)

TerPopuler