Fapet Unpad Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi di Tanjungsari -->

Fapet Unpad Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi di Tanjungsari

20 Jul 2022, Juli 20, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar || Sumedang - Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memberikan Pelatihan Tata Laksana Pemberian Pakan Ternak Pada Domba dan Praktek pembuatan pakan fermentasi buat pakan domba   bagi masyarakat dan kelompok ternak di Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang di Aula Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari  Sumedang, Rabu ( 20 Juli 2022 ).


Pelatihan hasil kerja sama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan Pemerintah Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang  ini menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu: Dosen Fapet Unpad Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M.Si.,IPU., Urip Rosani,S.Pt.,M.Si. serta praktisi dari P4D Karya Mandiri Prima Yoyo Kusnadi yang merupakan kelompok binaan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.
Menurut Kepala Desa Margaluyu H.Mamad, untuk wilayah Desa Margaluyu  Kecamatan Tanjungsari  program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini mungkin pertama dan kegiatan ini kelanjutan dari  diskusi antara Fapet Unpad dengan Pemdes Margaluyu Dalam program kerja Desa Margaluyu salah satunya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang peternakan dan pertanian.


“Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya untuk dapat  meningkatkan mutu dan kualitas peternak di desa Margaluyu terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak  bridding dan usaha penggemukan di Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari,” jelas H.Mamad


H.Mamad menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan dapat berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan sumber daya  Peternak di Desa Margaluyu.
H.Mamad mengatakan, pelatihan diharapkan memberikan manfaat bagi para peternak. “Harapannya masyarakat khususnya peternak tidak bingung lagi untuk pengolahan pakan ternak. Cara yang lebih mudah dan simpel sehingga pada musim penghujan dan musim kemarau  tidak bingung untuk kegiatan ngarit untuk memenuhi  kebutuhan ternak mereka,”

Pada pemaparannya, Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M.Si.,IPU mendorong masyarakat yang beternak domba  untuk menetapkan tujuan spesifiknya, seperti pembibitan, breeding, atau penggemukan. Hal ini diperlukan agar masyarakat dapat memilih bibit ternak domba yang bagus, manajemen pakan dan kandang yang bagus, hingga menyesuaikan dengan potensi lokal yang ada.


“Pemberian pakan dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dapat meningkatkan berat domba. Dan dalam pemilihan pakan domba haruslah tepat protein, Nutrient dan energi” ujarnya 
“Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang pakan ternak domba   yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Desa Margaluyu   sehingga hasil yang di capai pun maksimal. Pada pelatihan Tata Laksana Pemberian Pakan Ternak Domba  ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi” ujar Dr.Ir.Iman Hernaman.M.Si.,IPU


Peserta Pelatihan sedang Praktek pembuatan Pakan Fermentasi (foto agus)

 

Sedangkan Yoyo Kusnadi  yang menyampaikan materi cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi mulai dari membuat perencanaan, menyiapkan peralatan dan menyiapkan bahan. Kemudian langkah membuat pakan fermentasi serta menyiapkan pakan sudah bisa diberikan kepada hewan ternak . 

Selain memberikan teori dalam pelatihan tersebut  Dr. H. Iman Hernaman.M.Si.,IPU. bersama Yoyo Kusnadi dari Kelompok P4S Karya Mandiri Prima juga melakukan praktik membuat pakan fermentasi kepada para peserta dengan berbagai peralatan yang sudah disiapkan. (agus)







TerPopuler