Komandan Lanal Morotai Terjunkan Kal Wayabula pencarian nelayan hilang -->

Komandan Lanal Morotai Terjunkan Kal Wayabula pencarian nelayan hilang

24 Jul 2022, Juli 24, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar || Morotai-Komandan Lanal Pulau Morotai Maluku Utara, Letkol Laut (P) Amin Wibowo mengerahkan kapal KAL WAYABULA 1-14-12 dalam upaya search and rescue (SAR) kecelakaan nelayan saat mancing di Perairan Pulau Morotai Maluku utara. Ada 1 perahu nelayan yang dilaporkan hilang saat melaut (memancing ikan tuna.red)

Sebelum Kal Wayabula diberangkatkan pencarian, Danlanal Morotai, Letkol Laut (P) Amin Wibowo didampingi Pasop Lettu Laut (P) Ismail Rahaguna dan beberapa perwira lainya melakukan koordinasi pencarian hilangnya kaka beradik itu. 


Pencarian menggunakan Kal Wayabula dipimpin lansung oleh Ketua Tim Sar Gabungan, Lettu Laut (P) Ismail Rahaguna, Tim Sar tergabung. Yaitu TNI-AL, Polair dan Basranas Morotai. 

Sekitar pukul 15. 13 WIT, Kal Wayabula berangkat dari pelabuhan Imam lastori Daruba menuju perairan Laut Utara. 

"Untuk angkatan laut kita berusaha membantu masyarakat. Kita menerjunkan KAL Wayabula Lanal Morotai, kita nanti akan bergerak ke utara mengikuti arus angin dan permukaan,"ucap Amin ketika diwawancara aspirasijabar.net di pelabuhan Imam Lastory Daruba, Minggu 24 Juli 2022.

"Jadi kita sampaikan ke Dankal Wayabula. Pencarian mengikuti aliran arus ke utara, sehingga nanti arah pencarian lebih ke utara,"sambunya. 

Selain pencarian dilakukan hari ini, kepada masyarakat nelayan, Danlanal mengimbau jika melaksanakan aktifitas mencari ikan ke laut, kata dia harus memperhitungkan cuaca dan bahan bakar yang ada. 

"Sehingga jangan sampai mengikuti naluri pribadi sendiri, kemudian lupa bawa bahan bakarnya yang cukup sampai berapa mill dari laut,"imbaunya. 

"Kemudian jangan lebih dari batasan-batasan yang telah disampaikan oleh (Dinas Perikanan dan Kelautan) bahwa batasan-batasan untuk nelayan kecil adalah hanya berapa mill yang harus ditaati, sehingga keamanan dari nelayan sendiri bisa terjamin,"tambah imbaunya. 

Olehnya itu, pencarian hari ketiga dilakukan menggunakan Kal Wayabula, demi membantu warga masyarakat nelayan dari jangkauan pencarian yang tidak dijangkau. 

"Kal Wayabula hari ini kita berangkatkan untuk melaksanakan pencarian diutara Pulau Morotai. Insha Allah kita dua hari dilaut, tapi tergantung dari cuaca dan Kondisi Kal sendiri,"tandas Danlanal.(oje)

TerPopuler