Penanaman Mangrove Nasional sebagai Partisipasi Lanal Morotai untuk Memperingati Hari Mangrove Sedunia -->

Penanaman Mangrove Nasional sebagai Partisipasi Lanal Morotai untuk Memperingati Hari Mangrove Sedunia

26 Jul 2022, Juli 26, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar || Morotai-Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada hari Selasa , 26 Juli 2022 Lanal Morotai beserta jajarannya  melaksanakan Penanaman Pohon Mangrove Nasional secara serentak dan bersama-sama di 77 titik lokasi dari Sabang sampai Merauke, untuk menindaklanjuti  program TNI AL yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 


Peringatan Hari Mangrove Sedunia kali ini mengusung Tema " Mangrove Mendukung Keanekaragaman Hayati yang Kaya dan Menyediakan Habitat Pembibitan yang Berharga bagi Ikan dan crustacea". 




Bertempat di Desa Daruba Pantai Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai. Dipimpin secara langsung oleh Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S.  T dan  diikuti oleh para Perwira Staff Lanal Morotai beserta Anggota Jalasenastri, Perangkat Desa Daruba Pantai dan Saka Bahari.  Apresiasi dan Ucapan Terima kasih disampaikan oleh   Danlanal Morotai atas 
Keikutsertaan instansi lain yang memberi dukungan dan berpartisipasi untuk mensukseskan  acara ini, dengan hadirnya Pj.Bupati Kabupaten Pulau Morotai Bpk.Umar Ali, Kapolres Pulau Morotai AKBP Agung Reza P, S.IK, Perwakilan Danlanud LWM Ps Kadislog Mayor Kal Yusril , dan Perwakilan dari Kajari Bpk.Ramli Marsa Oli Kasubag BIN.

Indonesia sebagai negara maritim mempunyai luas hutan magrove terbesar di dunia.
Melalui penanaman mangrove Nasional, kali ini diharapkan dapat mendukung Kekayaan dan Keanekaragaman hayati, sekaligus sebagai sarana penyedia habitat dan pembibitan bagi ikan dan crustacea. 
Hutan Mangrove sebagai paru-paru bumi sekaligus  sebagai bentuk pertahanan alami untuk melindungi masyarakat pesisir dari resiko terkena gelombang tinggi , tsunami , dan abrasi.

Hari Internasional untuk konservasi ekosistem mangrove diadopsi dari Konferensi umum UNESCO yang diperingati setiap tanggal 26 Juli dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ekosistem mangrove dan komitmen untuk melindungi dan merawat mangrove sebagai benteng terakhir di ekosistem pesisir pantai.(oje)

TerPopuler