Ali Hasan : Kami Menghimbau Agar Manggala Garuda Putih Melaporkan Dugaan KKN PJU Pangandaran Ke Kejaksaan Tinggi Jabar -->

Ali Hasan : Kami Menghimbau Agar Manggala Garuda Putih Melaporkan Dugaan KKN PJU Pangandaran Ke Kejaksaan Tinggi Jabar

31 Agu 2022, Agustus 31, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Bandung - Proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) Pangandaran terus mendapat perhatian publik.

Sejumlah massa mendatangai  Gedung DPRD Jawa Barat pada Rabu 31 Agustus 2022 terkait proyek pengadaan PJU Pangandaran yang menelan biaya hingga Rp 50Niliar.

Massa pun diterima oleh Komisi IV DPRD Jawa Barat, sebagai pimpinan sidang Bucky Buwana, Ali Hasan dan Cucu Sugiarti.

Massa dalam menyampaikan aspirasinya menyoroti mengenai dana anggaran PJU Pangandaran yang fantastis hingga Rp 50 miliar, disebutnya bahwa anggaran sebesar itu adalah pemborosan.

"Ini uang rakyat lebih baik digunakan untuk sarana pendidikan dan kesehatan, terlebih penting masalah penumbuhan ekonomi yang selama dua tahun mengalami kesusahan di karenakan Covid 19," ujar Agus Satria Kabiro Unvestigasi Manggala Garuda Putih (MGP) saat berdialog dengan Komisi IV DPRD Jabar.

Menurutnya pengadaan PJU sejauh ini sifatnya terlalu mendesak. Sehingga, perlu adanya sikap bijak untuk pengelolaan dana tersebut.

Dia menambahkan apabila hal itu terealisasi akan menambah beban anggaran. Salah satunya terkait pemeliharaan PJU, bahkan PJU yang sudah ada pun tidak terpelihara sehingga keliatan tampak rusak. 

"Karena beban pemda di saat mendekati defisit itu akan membayar listrik mahal, dampaknya ke beban listrik. Beban listrik mau ke siapa, pemda atau masyarakat?" ucapnya

Bahkan utusan dari DPKAD Jabar di ruang rapat menyebutkan anggaran PJU Pangandaran Rp 50 miliar, dan tanggal 23 Agustus 2022 surat perintah membayar sudah terbit, dua hari setelah itu sudah ditransfer ke rekening Pemkab Pangandaran.

"Posisi uang sudah ada di Pemkab Pangandaran, apakah sudah dibayarkan kepada pihak ketiga atau belum saya tidak tahu," ujarnya.

Sementara Agus, mengatakan, "utusan dari Dishub Jabar menyebutkan bahwa dirinya sudah kordinasi, barang sudah ada tapi tiangnya belum dipasang karena harus ada pondasi, khusus untuk pondansi dan intalasi proyeknya masih dilelangkan jadi otomatis belum bisa dipasang," ujarnya.

Sementara itu anggota DPRD Jabar dari Komisi IV Ali Hasan menyatakan tidak tahu menahu soal pengadanaan PJU Pangandaran yang mencapai Rp 50 miliar karena tidak ikut dibicarakan.

Bahkan Ali Hasan menghimbau kepada Manggala Garuda Putih, agar permasalahan ini dilaporkan saja kepihak kejaksaan tinggi dan kami pun akan mendukung hal tersebut, bahkan kami dari pihak DPRD akan melakukan investigasi ke Pangandaran untuk melakukan pengawasan apakah sesuai atau tidak. 

Lanjut Ali yang kami terima informasi bahwa pengerjaan pengadaan PJU, dari nilai 50 Milyar dipecah menjadi 3 paket lelang, pengadaan lampu dan tiang PJU sudah dilakukan lelang dan telah ditetapkan pemenangnya tinggal 1 lelang lagi yaitu untuk konstruksinya. 


Iwn/Red

TerPopuler