Inspektur Upacara HUT RI Ke- 77, Camat Banyuresmi Dra.Hj. Eti Nurul Hayati MSI Sampaikan Amanat Bupati Garut -->

Inspektur Upacara HUT RI Ke- 77, Camat Banyuresmi Dra.Hj. Eti Nurul Hayati MSI Sampaikan Amanat Bupati Garut

17 Agu 2022, Agustus 17, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Garut - Peringatan HUT RI ke 77 dilaksanakan dengan hidmat bertempat dihalaman SMA Negeri 25 Garut, Jln KH. Hasan Arief Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Rabu, 17 Agustus 2022

Dalam kesempatan upacara HUT RI ke 77 bertugas sebagai Inspektur upacara Dra.Hj. Eti Nurul Hayati MSI (Camat Banyuresmi), Komandan Upacara Serma Ade Mahmud (Anggota Koramil 1110/ Banyuresmi), pengibar sang merah putih paskibra kecamatan Banyuresmi (tim aubade SMA 25 Banyuresmi)

Pembacaan naskah Pancasila oleh Kapten infanteri Enjang Santana (Danramil Banyuresmi), pembaca pembukaan Undang-undang 45 AKP Nurdin Jaelani, SH, (PLT Kapolsek Banyuresmi), pembaca teks proklamasi Gunara Taofik, Mpd (Koordinator wilayah pendidikan kecamatan Banyuresmi)

Ajudan Anwar (unsur Kecamatan Banyuresmi), Perwira upacara Ipda Mahfudin (unsur Polsek Banyuresmi), pembacaan amanat inspektur upacara oleh Dr H j teti pembaca doa haji kepala KUA Banyuresmi pembawa acara Lilis Yulianti SPD mpd SDN 2 Binakarya.
Amanat Bupati Garut, yang disampaikan Infektur upacara Dra.Hj. Eti Nurul Hayati MSI (Camat Banyuresmi), mengatakan untuk masyarakat Garut dihimbau untuk tetap mewaspadai penularan virus Covid-19, oleh karena itu kita juga wajib mempertahankan atau menjaga pola hidup bersih dan sehat serta melaksanakan protokol kesehatan yang selama ini telah dijalankan.

Sudah saatnya kita bergerak bersama bangkit dari berbagai permasalahan yang muncul akibat dampak dari pandemik covid-19, sebagaimana tema HUT kemerdekaan RI yaitu (Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat) maka kita harus melakukan langkah-langkah percepatan pemulihan ekonomi dan kehidupan sosial kemasyarakatan yang mungkin kita untuk menguatkan seluruh sendi kehidupan bangsa dan bernegara.

Kita memahami bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif sangat serius terhadap capaian pembangunan Daerah seperti peningkatan angka kemiskinan yang saat ini tercatat sebesar 10,65%.

Sementara sebelum berjangkitnya adalah sebesar 8,98% kemudian saat ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah sepenuhnya, meskipun angka kemiskinan itu masih dibawah angka kemiskinan pada tahun 2014 di masa awal jabatan yaitu sebesar 12,47%.

Secara perlahan Kabupaten Garut mulai keluar dari dampak pandemi Covid-19 melihat perekonomian, mulai menunjukkan perkembangan positif jika pada saat pandemi angka pertumbuhan ekonomi kita jauh menurun bahkan minus sebesar -1,26%.

Saat ini telah tumbuh positif dan signifikan yaitu sebesar 3,58% produk domestik regional bruto atas dasar harga berlaku mengalami kenaikan dari sebesar 58, 043 miliar rupiah pada tahun 2020 dan pada tahun 2021 menjadi sebesar 60,836 miliar rupiah lebih.

Indeks pembangunan manusia kita juga turut mengalami peningkatan dari sebesar 66,12 poin pada tahun 2020 menjadi sebesar 66,45 poin pada tahun 2021.

"Saya ingin mengingatkan kepada segenap masyarakat Garut banyak hal yang dapat menjatuhkan kita tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkan kita adalah diri kita sendiri"

Pernyataan itu mengandung makna, bahwa kita seluruh komponen masyarakat Garut yang harus memiliki kemauan untuk bangkit dan pulih dari situasi sulit serta terus bergerak untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Garut walaupun telah mengingatkan kepada kita dalam surat ar-ra'd ayat 11

"(Sesungguhnya sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka)"

Suasana kebatinan ini ya akan Saya kembangkan untuk mendorong kinerja jajaran Pemerintah Daerah kami akan bekerja lebih optimal untuk mengatasi berbagai hal yang masih menjadi pekerjaan rumah disisa masa jabatan.

Saya sebagai Bupati Garut selaku Kepala Daerah Tentu saya ingin memberikan legacy atau peninggalan yang terbaik bagi masa Kabupaten Garut dan meletakkan dasar kebijakan yang lebih kuat sebagai modal bagi penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah daerah di masa-masa mendatang.

Mudah-mudahan Tahun depan pada saat kita memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, ketika dharma Bakti Saya selaku Bupati Garut lebih kurang 6 bulan lagi akan berakhir, Saya ingin dapat mengatakan dengan penuh keyakinan dan kebanggaan Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Garut bahwa Kabupaten Garut telah siap untuk menjadi daerah maju.

Langkah menuju ke arah itu terus kita lakukan secara serius, Pemerintah Daerah terus mengembangkan upaya yang bersifat sinergis dan kolaboratif di seluruh sektor dengan berbagai pihak di dalam negeri baik kalangan Pemerintah, BUMN, Swasta, Pemerintah Daerah juga berupaya mewujudkan Garut Go Internasional melalui kerjasama dengan kalangan pemerintah luar negeri.

Sebagi penutup dari amanat pak Bupati, mari kita syukuri karunia Kemerdekaan Yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah diberikan, mari kita teladani jiwa patriotisme dan nasionalisme yang dilandasi jiwa religius para pendahulu bangsa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Kepada jajaran Pemerintah Daerah, jajaran Pemerintah Desa terus kembangkan inovasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih adaptif terhadap pembangunan, maupun kebutuhan masyarakat serta mendorong partisipatif aktif masyarakat. Pungkasnya

Jurnalis : (Beni)

TerPopuler