Pemerintah Mortim Gelar Lomba Desa dan Upacara HUT RI Ke-77 di Sangowo, -->

Pemerintah Mortim Gelar Lomba Desa dan Upacara HUT RI Ke-77 di Sangowo,

2 Agu 2022, Agustus 02, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar || Morotai -- Pemerintah Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, kali ini menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di Ibukota Kecamatan Sangowo. 

Selain upacara, Pemerintah Kecamatan juga menggelar sejumlah kegiatan lomba. Salah satunya adalah lomba kebersihan Desa di 15 Desa yang tersebar di Kecamatan Mortim. 

Camat Kecamatan Morotai Timur, Tahmid Bilo, kepada Wartawan mengatakan, kegiatan lomba dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 itu. Akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

"Jadi, kegiatan lomba nanti dilaksanakan di sore hari, sambil menunggu upacara penurunan bendera. Lombanya itu tarik tambang, balap karung dan panjat pinang. Nanti setelah upacara penurunan bendera langsung kita serahkan hadiahnya," kata Tahmid, Senin (1/8).

Tahmid bilang, untuk lomba di 15 desa di wilayah Kecamatan Mortim itu. Kata Dia yang dinilai adalah kebersihan lingkungan desa, dan adminitrasi desa.

"Yang menang akan diumumkan langsung usai upacara kenaikan Bendera. Hadiahnya hanya berupa piagam,"tuturnya. 

Selain itu, usai upacara kenaikan Bendera juga akan diisi kegiatan penanaman kelapa Bido di Kantor Camat Mortim. Semua Kades wajib mengikuti kegiatan penanaman kelapa Bido.

"Karena kegiatan tersebut sebagai komitmen Kecamatan Mortim dalam mengembangkan produk unggulan Morotai yaitu farietas kepala Bido. Jadi ada 50 pohon yang di tanam dilokasi Kantor Camat,"terangnya. 

"Saat ini kami dari Kecamatan semua sudah fokus di lapangan untuk persiapan. Jadi persiapan kita saat ini sudah 50 persen,"tambah dia. 

Ia mengungkapkan, sumber anggaran kegiatan tersebut. Adalah anggaran dari Kecamatan, kemudian dana shering dengan anggaran desa. 

"Untuk anggaran desa dia ada pos di APBDes jadi tidak lebih dari Rp 1 juta per desa,"tandasnya.(oje)

TerPopuler