PULUHAN PENGRAJIN MERIAHKAN FESTIVAL KERAJINAN DEKRANASDA KOTA CIMAHI DAN DEKRANASDA AWARD TAHUN 2022 -->

PULUHAN PENGRAJIN MERIAHKAN FESTIVAL KERAJINAN DEKRANASDA KOTA CIMAHI DAN DEKRANASDA AWARD TAHUN 2022

28 Agu 2022, Agustus 28, 2022
Pasang iklan



Aspirasi Jabar ||CIMAHI, DISKOMINFO. Pesatnya perkembangan karya cipta kerajinan dan teknologi produksinya telah menempatkan produk kerajinan sebagai bidang usaha industri yang mampu memberikan lapangan kerja yang potensial sehingga dapat menyumbangkan andilnya bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan perajinnya dan pendapatan negara.


Guna meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta keterampilan dalam menciptakan kreasi produk baru dari kerajinan, mengembangkan potensi industri kerajinan, meningkatkan kemampuan perajin di bidang produksi kerajinan, sebagai ajang promosi hasil produk kerajinan, sekaligus untuk meningkatkan daya saing di pasar domestik maupun internasional, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Cimahi menggelar Festival Kerajinan Dekranasda Kota Cimahi Tahun 2022 bertempat di Lantai 2 Cimahi Mall, Kota Cimahi, Sabtu (27/08).


“Kerajinan sebagai suatu perwujudan perpaduan ketrampilan untuk menciptakan suatu karya dan nilai keindahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan suatu kebudayaan,” tutur Wali Kota Cimahi Let. Kol. (Purn) Ngatiyana tak kala membuka Festival Kerajinan Dekranasda Kota Cimahi Tahun 2022.


Ia sangat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Kerajinan Dekranasda Kota Cimahi Tahun 2022 karena menurutnya kegiatan ini dapat dijadikan ajang promosi baik secara lokal maupun nasional. 


“Keikutsertaan para pelaku usaha kriya disetiap ajang pameran juga dapat mengangkat nama Kota Cimahi sebagai kota kreatif dan inovatif. Tidak hanya di bidang informasi dan teknologi saja, tapi juga di segala sektor perekonomian,” imbuhnya.


Menurut Ngatiyana, kerajinan selain sebagai wahana pelestarian dan peningkatan mutu seni budaya, juga merupakan industri yang mampu memberi lapangan kerja serta sumber penghidupan masyarakat, juga sebagai unsur penghasil devisa negara.


Melalui Dekranasda Kota Cimahi yang merupakan salah satu mitra pemerintah dalam bidang industri kriya dan kerajinan, Ngatiyana berharap dapat tercipta regenerasi sumber daya manusia perajin yang unggul untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global, 


“Kami berharap Dekranasda Kota Cimahi selalu aktif dalam pengemabngan kerajinan serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah.”
Festival Kerajinan Dekranasda Kota Cimahi Tahun 2022

 diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 26 Agustus sampai dengan 28 Agustus 2022. Kegiatan yang diikuti oleh 50 pengrajin yang juga merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kota Cimahi ini digelar secara meriah dan dirangkaikan dengan berbagai macam acara mulai dari lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, Pelatihan optimalisasi sosial media, talk show, fashion show anak-anak dan Mojang Kota Cimahi, serta penampilan dari Tim Kesenian SMP Negeri 1 Cimahi dan Dewan Kebudayaan Kota Cimahi.
Puncak acara Festival Kerajinan Dekranasda Kota Cimahi Tahun 2022 adalah pemberian Dekranasda Award Tahun 2022. Pemberian Dekranasda Award ini dilakukan untuk mendorong dan memotivasi para pengrajin dan UMKM di Kota Cimahi agar terus berlomba-lomba dalam berinovasi dan menampilkan karya terbaiknya untuk mengembangkan industri kerajinan dan kriya di Kota Cimahi.


Dengan adanya Dekranasda Award diharapkan potensi para kreator seni dan kerajinan akan muncul dan menjadi ikon Kota Cimahi. 
“Ajang Dekranasda Award ini juga dapat menjadi pemicu tumbuh dan berkembangnya para kreator muda yang mampu berinovasi dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia Kota Cimahi,” pungkas Ngatiyana. 


Berdasarkan penilaian Dewan Juri yang berasal dari pengurus Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Pengurus Dekranasda Kota Cimahi, Praktisi, dan Akademisi atas inovasi, keunikan, kreativitas, originalitas dan kebaruan, ditetapkan juara Dekranasda Award 2022 adalah sebagai berikut:
Juara I


:
Ainu (Produk Jam Tangan Bambu), mendapatkan trophy dan uang pembinaan 

Juara II
:
Miniatur Pesawat Terbang, mendapatkan trophy dan uang pembinaan

Juara III
:
Aulia Kraft (Kerajinan dari limbah), mendapatkan trophy dan uang pembinaan

Harapan I
:
Noor Hadjar Fashion, mendapatkan trophy dan uang pembinaan

Harapan II
:
Busana Lukis, mendapatkan trophy dan uang pembinaan

Harapan III
:
Argii, mendapatkan trophy dan uang pembinaan

TerPopuler