Sambut Kaderisasi, Ansor Plered Adakan Diskusi Pemberdayaan Masyarakat menjadi kunci utama kaderisasi -->

Sambut Kaderisasi, Ansor Plered Adakan Diskusi Pemberdayaan Masyarakat menjadi kunci utama kaderisasi

18 Sep 2022, September 18, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar|| Purwakarta -  Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Plered - Purwakarta, mengadakan diskusi bersama untuk menyambut kaderisasi Ansor yang bertempat di Yayasan Darussalam Tegaljati, Sabtu (17/9) dengan mengangkat tema "Pemberdayaan masyarakat desa sebagai sarana kaderisasi menuju PKD gerakan pemuda Ansor", dengan mengundang pemateri Kang Nendi Apriki S.Pd sebagai Patriot Desa Jawa Barat.

Sebelum diskusi dimulai kegiatan ini dibuka oleh sekjen Ansor Plered Cep Haqi, dan tawasul oleh ketua Rijalul Ansor Plered Ust Hilman.

Dalam sambutannya, Dion Murdiono ketua Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Plered - Purwakarta menjelaskan, "Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat para pemuda Ansor khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Plered umumnya untuk Banom NU lainnya agar selalu semangat untuk membangun kesadaran berfikir dan bergerak dengan Pemberdayaan di masyarakat dan selalu siap berkhidmah kepada Ansor dan Nahdlatul Ulama",Ungkapnya.

Dalam pemaparan materinya, Nendi dari patriot desa Jawa barat menjelaskan Ansor itu organisasi gerakan yang tidak hanya membidangi keagamaan saja, tapi harus menjadi organisasi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat dalam tiga aspek yaitua sosial, ekonomi dan lingkungan. 

Ansor kenapa harus melakukan gerakan pemberdayaan masyarakat, karna Pemberdayaan itu menjadi hal utama dalam kaderisasi, kita harus bermanfaat dulu untuk masyarakat, cara pengenalannya dengan melakukan pemberdayaan. 

Tiga tugas dalam pemberdayaan masyarakat yaitu fasilitator, komunikator dan integrator. Kita harus mampu ke bawah berakar keatas harus tumbuh dalam artian kita harus sering komunikasi dan silaturahmi ke masyarakat untuk mencari akar permasalahan masyarakat, mencari data agar kita bisa berupaya membantu dan mencari solusi mengkomunikasikan dan mengintegrasikan ke atas.

Untuk solusi pemberdayaan kita bisa berkomunikasi dan bekerjasama ke pihak-pihak terkait yang tergabung dalam kata ABCGM.

A nya Akademisi dari pihak pesantren, kampus dan sekolah, B nya Bisnis yang punya modal, C nya Comunity seperti NGO atau komunitas dan organisasi, Government yaitu pemerintah atau birokrasi, dan M nya Media agar apa yang dilakukan itu terpublikasikan. 

Para peserta diskusi menambahkan, tapi itu semua yang diatas yang sudah di jelaskan oleh pemateri bisa dilakukan jika dibarengi dengan ditumbuhkan dulu dari internal pengurus, harus punya kesadaran bergerak dan berfikir, siap berkhidmat di Ansor dan siap bergerak di Ansor Plered.

Dipenghujung acara diadakan pembagian doorprize atau hadiah bagi peserta diskusi yang hadir, yang memenangkan adalah sahabat Adit dari desa Cibogo Hilir dan Komandan Sandi dari Desa Anjun, dan dilanjut dengan makan bersama nasi liwet gurame. 

Pada kegiatan diskusi ini dihadiri oleh pengurus Ansor, Banser, Rijalul Ansor, ISNU Plered, Pagarnusa, Pergunu, Lesbumi, IPNU Plered dan banom yang lainnya.

TerPopuler