DUSUN CIJUHUNG RW.04 DESA RAWALELE KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN SUBANG GELAR TRADISI RUTINITAS RUWATAN DUMI DAN SENI BUDAYA -->

DUSUN CIJUHUNG RW.04 DESA RAWALELE KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN SUBANG GELAR TRADISI RUTINITAS RUWATAN DUMI DAN SENI BUDAYA

19 Okt 2022, Oktober 19, 2022
Pasang iklan





Aspirasijabar | Subang - Warga masyarakat Dusun Cijuhung Desa Rawalele Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang gelar tradisi ruwatan bumi dan seni budaya di halaman balai musyawarah rw.04 Dusun Cijuhung. Rabu.19/10/2022.

Tradisi tersebut merupakan ritual manifestasi rasa sukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang diperoleh dari hasil bumi,selain rasa syukur tadi,sekaligus sebagai tindak tolak bala dan penghormatan kepada para leluhur Dusun Cijuhung. Rw.04.

Kepala Tertua Dusun Cijuhung. Ruhdi, Menyampaikan,tradisi ruatan bumi ini sudah 20 tahun lebih kita laksanakan dan setiap tahun tradisi ini tetap kita lestarikan setelah masa panen dan menyambut musim rendeng tiba.

Serta merupakan salah satu bentuk rasa syukur warga masyarakat Dusun Cijuhung kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil yang didapatkan selama ini.

Gelar budaya ruatan bumi dusun cijuhung ini selain untuk kesejahteraan para petani dan warga masyarakat juga sebagai ajang tali silaturahmi warga masyarakat dan hiburan dengan menampilkan kesenian tradisional.

Lanjut kepala tertua kampung,semoga apa yang dilaksanakan warga masyarakat ini dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di dusun cijuhung. Rw.04. Katanya. Liputan.Subang


Asep Sp : Kabiro Subang.

TerPopuler