Fakultas Peternakan Beri Pelatihan Pembuatan Yoghurt -->

Fakultas Peternakan Beri Pelatihan Pembuatan Yoghurt

19 Okt 2022, Oktober 19, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar | Sumedang - Yoghurt merupakan olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri yang bersifat asam, yang baik untuk kesehatan dan banyak disukai oleh masyarakat.

Yoghurt memiliki banyak manfaat jika dikosumsi, salah satunya yaitu menjaga kesehatan pencernaan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut dikarenakan yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, Karbofridrat, kalsium, zat besi, magnesium serta berbagai macam vitamin, "Olahan susu menjadi yoghurt dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Maka dari itu adanya pelatihan pembuatan yoghurt diperlukan agar dapat menjadi inovasi bagi Guru dan Siswa Pesantren Tamaddun Adab Selaras dan Fitrah. sehingga dapat meningkatkan kesehatan guru dan siswa. 

Salah satu produk olahan suhu yang kaya akan manfaat adalah yoghurt. Yoghurt merupakan minuman hasi! olahan susu yang dibuat melalui proses fermentasi oleh bakteri baik, yaitu Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermopillus. Proses fermentasi susu menjadi yoghurt terjadi selarma 24 jam dalarn wadah tertutup dan suhu ruang.

Setelah terfermentasi menjadi yoghurt, gula dan variasi perisa rasa dapat ditambahkan sesuai selera. Dengan banyaknya manfaat dari susu maka dari itu Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memberikan pelatihan pembuatan yoghurt kepada Guru dan Siswa/Siswi Pesantren Tamaddun Adab Selaras Fitrah di Laboratorium Tenologi Hasil Peternakan Gedung 2 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran pada hari Rabu 19 Oktober 2022 

Menurut Kepala Sekolah Pesantren Tarnaddun Adab Selaras Fitrah O.Ginanjar.S.Kom mengatakan "Program kegiatan pelatihan pembuatan yoghurt merupakan program Pesantren untuk meningkatkan skil dari guru dari siswa dan siswi, Kami mengucapkan terima kasih kepada Fapet Unpad yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini” 

Ogi menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para guru dan Siswa Siswi Kamt dan Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan dan Harapannya Guru dan Siswa dan Siswi tidak bingung lagi untuk pengolahan Susu. 

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Susu Yoghurt ini dalam rangka melaksanakan salah satu Tri darma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat kali ini Kami memberikan pelatihan pembuatan yoghurt kepada Guru, Siswa dan Siswi Pesantren Tamaddun Adab Selaras Fitrah dengan Pelatihan Teknologi Pengolahan Susu dan cara membuat dan memproduksi Susu Yoghurt bertujuan untuk menciptakan Guru dan Siswa yang sehat dan sejahtera. 
Siswa sedang Praktek pembuatan Susu Yoghurt (foto agus)“ 

Adapun narasumber yang memberikan materi pelatihan adalah Dr. Jajang Gumilar,S.Pt,,MM.,IPM.,Dr. Eka Wulandari.S.Si.,M.Si., Dr. Wendry Setiadi Putranto, S.Pt., M.Si., Ir. Andry Pratarna, S.Pt., MP, IPM., yang menyampaikan materi tentang Teknologi Pengolahan Susu dan, Akhmad Hidayatulloh, S.Pt., M.Pt Nanah, STP Pelatihan di laksanakan dengan cara pemberian materi dan praktek pembuatan Susu Yeghurt, materi di laksanakan di dalam kelas talu di lanjutkan dengan Praktek di Laboratorium Teknologi Hasil Peternakan. peserta mendapat pengetahuan tentang segala hai terkait yoghurt seperti cara pembuatan, manfaat, kandungan nutrisi, jenism serta bagaimana cara penyimpangan yoghurt yang baik. Tidak hanya itu, peserta juga mendapat pengetahuan tentang pengetahuan tentang pengemasan produk meliputi pengertian kemasan, jenis, tujuan, dan manfaatnya. 

"Melalui kegiatan ini, guru guru dan warga sekolah dibekali pengetahuan dan keterampilan pembuatan yoghurt yang mudah dan sederhana" ujar Dr. Jajang Gumilar,S.Pt ,MM.,IPM. 

Dr. Jajang Gumilar,S.Pt.,MM.,IPM mengatakan “Diharapkan dari kegiatan pelatihan Pembuatan Yoghurt ini para Guru dan Siswa dapat secara mandiri membuat dan memproduksi yoghurt untuk dapat di nikmati hasilnya baik untuk sendiri maupun untuk di pasarkan kepada masyarakat sehingga bisa meningkatkan kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan Guru dan Siswa khususnya di Pesantren Tamaddun Adab Selaras Fitrah”. 


Agus/red

TerPopuler