IDI sebagai organisasi profesi dokter memiliki peran dan tanggung jawab -->

IDI sebagai organisasi profesi dokter memiliki peran dan tanggung jawab

26 Okt 2022, Oktober 26, 2022
Pasang iklan



Aspirasi jabar ||CIMAHI,  – Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, S.Si, M.M menghadiri kegiatan Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia ( HUT IDI ) yang Ke 72, bertempat di RSUD Cibabat, Jl. Jend. H. Amir Machmud No.140, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, selasa pagi pukul 09.00 WIB (25/10/2022).

Hadir juga pada kegiatan tersebut Direktur Utama RSUD Cibabat Sukwanto Gamalyono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Dr. Mulyati, S.Kep.,Ners.,M.Kes, beserta anggota IDI Kota Cimahi dan tamu undangan.

Dalam kata sambutannya, Dikdik S Nugrahawan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada para tenaga medis yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung, khususnya pada sat Pandemi Covid-19.

Bagi Pemerintah Kota Cimahi, lanjut Dikdik S Nugrahawan, bahwa Pemkot Cimahi keberadaan setiap organisasi masyarakat termasuk IDI, senantiasa dipandang sebagai salah satu asset yang akan turut mempecepat laju pertumbuhan ke arah lebih baik lagi di Kota Cimahi

“IDI sebagai organisasi profesi dokter memiliki peran dan tanggung jawab terhadap keberadaan dan pembinaan praktek kedokteraan di Indonesia,” ujar Dikdik S Nugrahawan.

Selanjutnya pada kata sambutannya, Dikdik S Nugrahawan menyatakan bahwa IDI yang memasuki usia ke 72 tahun, peran IDI semakin dibutuhkan sebagai lembaga profesi kedokteran Indonesia yang melakukan pembinaan dan pengawasan atas profesi kedokteran dengan berpegang teguh pada kode etik kedokteran.

“IDI harus senantiasa melakukan usaha menjaga mutu pelayanan dokter yang pada akhirnya sasarannya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Dikdik S Nugrahawan.



Dikdik S Nugrahawan memaparkan bahwa Tema HUT IDI Ke-72 adalah “Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Masyarakat, Satu IDI maju Terus” memiliki makna bahwa IDI membawa peran penting dalam
Pembangunan kesehatan masyarakat, IDI menginisiasi dan merealisasi segala bentuk program, terobosan maupun regulasi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dikdik S Nugrahawan berharap dengan kemampuan berkolaborasi dan senantiasa bersinergi dengan Pemerintahan merupakan elemen kunci untuk membentuk masyarakat mandiri dan madani.

“IDI harus mampu memformulasikan dan berkolaborasi menentukan langkah-langkah strategis bersama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, namun tidak melupakan kearifan lokal,” harap Dikdik S Nugrahawan.

Kemudian Dikdik S Nugrahawan menjelaskan bahwa dokter adalah ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dengan adanya IDI diharapkan dapat meningkatkan mutu kesehatan khususnya di wilayah Kota Cimahi.

Tak lupa juga Dikdik S Nugrahawan menerangkan bahwa pada peringatan HUT IDI yang Ke-72 di Kota Cimahi, dilakukan beberapa program yang mudah-mudahan semangkin meningkatkan pengabdian IDI kepada masyarakat di Kota Cimahi.

“Seperti halnya, ada program yang diadakan pada pagi hari ini yaitu sunatan massal yang ditunjukan untuk anak-anak masyarakat Kota Cimahi,” jelas Dikdik S Nugrahawan

TerPopuler