Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H/2022 M dengan mengundang 400 jamaah warga Kelurahan Melong -->

Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H/2022 M dengan mengundang 400 jamaah warga Kelurahan Melong

13 Okt 2022, Oktober 13, 2022
Pasang iklan



Aspirasi Jabar ||CIMAHI, - Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H/2022 M dengan mengundang 400 jamaah warga Kelurahan Melong dan p[enceramah Ustad Evie Effendi.

Acara tersebut dilaksanakan di Masjid Al-Ikhsan, RW13 Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (11/10/2022).

Hadirpula dalam acara tersebut, Walikota Cimahi Letkol (Purn) Ngatiyana, S.A.P, Camat Cimahi Selatan Asep Ajat Jayadi, SE, MM, Lurah Melong Dian Rohimat, S.Sos, Danramil Cimahi Selatan, Mayor Inf Wastra, perwakilan dari DPKP Kota Cimahi, Kepala UPTD Rusunawa, Koko Gober, Sekretaris Lurah, Ateng Kusnadi, S.A.P dan Kasi Pemerintahan Kelurahan Melong, Riswan Juariana, S.Ip juga Ustad Fahmi.

Dalam sambutannya Ngatiyana menjelaskan,dalam memperingati hari penting dan hari bersejarah Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 Hijriyah tersebut, harapan Ngatiyana bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw  tersebut dapat diambil hikmahnya dari penceramah Ustad  EvieEffendi,

"Karena intinya bahwa kita bersama-sama untuk meneladani pimpinan beliau, perilaku beliau, dan apa yang dilakukan oleh beliau waktu masih ada," tutur Ngatiyana. 

"Tapi mengikuti sedikit, akhlak yang mulia, bagaimana agar akhlak kita yang mulia, tentulah berbuat baik kepada orang lain, sehingga perbuatan kita bermanfaat bagi orang lain," sarannya.

Seperti contoh kata Ngatiyana, bila kita berlimpah ruah harta, tapi tidak bermanfaat bagi orang lain,

"Percuma bagi kita, oleh sebab itu, mari kita bersilaturahmi, dan saling tolong menolong serta bantu membantu, ini salah satunya meneladani dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw," terang Ngatiyana.

Ngatiyanapun merasa bersyukur dapat bersilaturahmi dengan warga masyarakat kelurahan Melong di RW 13,

"Mudah-mudahan silaturahmi tidak putus, semakin kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita diberikan ilmu yang tunduk, artinya ilmu tunduk itu lebih sabar, lebih tawakal, dan lebih bersyukur apa yang telah kita nikmati, apa yang telah kita terima, semuanya adalah kehendak Allah SWT," paparnya.

Jadi makna dari memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sambung Ngatiyana, harus banyak bersyukur, bertawakal dan penuh dengan kesabaran.

Hal yang sama diungkapkan oleh Lurah Melong, Dian Rohimat, disela-sela acara menjelaskan, pihaknya berterimakasih atas kehadiran Walikota Cimahi Ngatiyana,

"Alhamdulillah dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, dapat dihadiri oleh Walikota Cimahi Bapak Letkol purnawirawan Ngatiyana, S.A.P, dimana anggaran untuk acara ini di anggarkan dari Kasie Pemerintahan Umum dan ketertiban," jelas Dian.

Terkait undangan yang diundang, lanjut Dian, terdiri dari 36 RW, Binwil dari DPKP, Disdukcapil, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua PKK, Karang Taruna,

"Alhamdulillah, semua bisa hadir sekitar 400 tamu undangan beserta warga dari RW 12 dan RW 13," terangnya.

Harapan dari Dian, untuk memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H ini, dapat untuk memperbaiki akhlak,

"Memperbaiki akhlak itu, dimana kita mencintai Rasulullah SAW, kita dapat mengikuti Sunnahnya, mengikuti kebiasaan-kebiasaannya akhlaknya yang sangat baik,"

Karena kata Dian, kita mencintai Rasulullah SAW, sama dengan kita mencintai orangtua kita sendiri,

"Kita mencintai bapak kita, insyaallah bapak kita juga akan mencintai kita, ini adalah cermin katauladanan untuk kita di masa yang akan datang," sarannya.

Begitu pula antusias masyarakat Melong dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sangat respon dan antusias sekali,

"Alhamdulillah terutama ibu-ibunya, karang Taruna, apalagi dengan menghadirkan ustad Epi Effendi, yang ceramahnya bisa masuk dan dapat di cerna oleh anak-anak muda, orang tua, pokoknya berbagai kalangan Ustad Effendi, mampu memberikan ceramah yang jadi contoh tauladan bagi kita semua," beber Dian.

Dijelaskan pula oleh Kasiepem Kelurahan Melong Riswan Juariana, bahwa selaku ketua Penyelenggara acara, merasa bersyukur memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah atau tahun 2022 Masehi, dapat terlaksana dengan Hidmat,

"Alhamdulillah peringatan maulid nabi Muhammad SAW tingkat kelurahan Melong dapat dilaksanakan, sebelumnya pada tahun 2020-2021, kita terkendala oleh pandemi Covid-19," ulasnya.

Kegiatan tersebut di Kelurahan Melong, kata Riswan, seperti biasa selalu berkolaborasi dengan masyarakat, dengan tokoh masyarakat,

"Kemudian dengan tokoh agamanya, dan stakeholder-stakeholder lainnya yang sifatnya horizontal atau maupun vertikal,"

Yang lebih diharapkan oleh Riswan, dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, tali persaudaraan antar masyarakat kelurahan Melong, dapat terjalin lebih erat lagi.

Menurut Pengasuh Pondok pesantren gratis Darul Hamid di Kelurahan Melong, Fahmi Fauzi, bahwa warga masyarakat kelurahan Melong diakui oleh dia sangat baik sekali,

"Mudah-mudahan warga Melong utamanya Kota Cimahi, menjadikan warganya dengan penuh keberkahan Akhlakul Karimah, semua rukun, tentram, aman, damai dan sejahtera,"

Terutama, kata Fahmi, "Bapak Kita Bapak Walikota Cimahi Ngatiyana, semoga dalam keberkahan Allah SWT, Insyaallah sangat luar biasa sekali," jelasnya.

TerPopuler