Siswa Siswi TK/Paud di Perkenalkan Akan Hewan Ternak di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran -->

Siswa Siswi TK/Paud di Perkenalkan Akan Hewan Ternak di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

26 Okt 2022, Oktober 26, 2022
Pasang iklan



Aspirasijabar | Sumedang - Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan, siswa TKIT Alam Ash Shofwah, mengadakan kunjungan pembelajaran ke Laboratorium Produksi Ternak dan Laborium Produksi Potong Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran pada Rabu (26/10/2022) diikuti oleh 46 peserta, yang didampingi Kepala Sekolah, beserta guru-guru dan wali murid. 

Menurut Kepala Sekolah, keglatan diluar ruang ini merupakan agenda rutin di TKIT Alam Ash Shofwah, agar anak anak bisa belajar langsung di lingkungan dan mengenal akan hewan ternak. 

Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dipilih sebagai tujuan kunjungan karena dekat lokasinya, anak anak dapat berinteraksi dengan hewan ternak sekaligus anak anak dapat mengetahui asal muasal susu yang mereka konsumsi, mencicipi produk olahan susu atau yoghurt dan adanya demonstrasi untuk kegiatan penelitian peternakan, sehingga diharapkan anak anak bisa belajar tebih efektif dengan melihat secara langsung materi pelajaran yang selama ini hanya dipelajari lewat buku dan gambar.

Lebih lanjut Kepala Sekolah berharap bahwa kunjungan ke Kandang Hewan Ternak Fakultas Peternakan ini dapat menambah wawasan anak anak TKIT Alam Ash Sofwah mengenal ternak yang selama ini sudah jarang mereka temui dilingkungan mereka khususnya dikota besar.Acara diawali dengan penerimaan dari Mahasiswa dan Asisten Laboratorium dan dilanjutkan dengan mengelilingi kandang ternak. 

Kepala Sekolah TKIT Alam Ash Sofwah Ricka Marcyana, S.P, S.Pd mengatakan " Terima kasih kepada Fakultas Peternakan yang telah menerima kami dan kegiatan ini dapat mernotivasi anak anak untuk ingin tahu lebih banyak tentang hewan ternak, manfaatnya, juga produk apa saja yg bisa di hasilkan dr susu dan Sesuai dengan sub terna pembelajaran kali ini yaitu makhluk ciptaan Allah, anak anak belajar langsung dan berinteraksi langsung dghewan hewan ternak ciptaan Allah”. 

Anak anak diarahkan ke kandang Sapi Perah,Kandang Domba dan kandang kelinci untuk diperkenalkan berbagai jenis hewan ternak dan hasil yang di hasilkan oleh hewan ternak berupa susu sapi. Di kandang ternak mereka diperkenalkan jenis ternak yang ada seperti Sapi Perah, , Kambing dan kelinci. Siswa memperkenalkan pakan ternak seperti turi, gamal dan beberapa jenis rumput. Mereka juga dilibatkan dalam pemberian pakan, mulai dari memotong pakan pada batang pohon kemudian memberikan langsung pakan pada ternak. 

Senyum keceriaan kepuasan dari anak anak TKIT Alam Ash Sofwah terlihat jelas dari cara mereka berintraksi dan mencoba sesuatu yang baru. Akhir acara, anak anak diistirahatkan sejenak dan dilanjutkan dengan acara penutup yaitu salam pisah, Semoga informasi yang diperoleh di Fakultas Peternakan dapat bermanfaat bagi siswa serta dapat mengenal akan hewan ternak.


 (agus) / Red

TerPopuler