Jaelani Warga Sindanggalih Sukses Budidaya Magot Dengan Omset Puluhan Juta Rupiah Perbulan -->

Jaelani Warga Sindanggalih Sukses Budidaya Magot Dengan Omset Puluhan Juta Rupiah Perbulan

17 Nov 2022, November 17, 2022
Pasang iklan


Aspirasijabar | Sumedang - Salah satu Warga Sindanggalih Kecamatan Cimanggung Sumedang Jawa Barat yang sukses dengan membudidayakan Maggot atau Belatung dengan omzet bisa mencapai puluhan juta per bulan.


Maggot yang merupakan larva dari lalat atau black soldier fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) yang biasa dijadikan pakan burung, ikan dan ayam.


Pelopor budi daya maggot, Jaelani mengaku baru beberapa bulan menekuni usaha maggot karena nilai ekonomisnya cukup tinggi,"Maggot menjadi pakan alternatif yang memiliki kandungan protein tinggi untuk dijadikan pakan ternak serta dengan jarak Waktu yang tidak terlalu lama serta dengan Harga maggot pressnya mencapai jutaan harga per kilogramnya, 7000 sampai 9000. Nilai ekonomisnya cukup tinggi,” katanya, kamis (17 Nopember 2022)


Budi daya maggot cukup mudah karena pakannya hanya dari limbah rumah tangga.dan sampah organik Sedangkan pasar maggot juga masih cukup terbuka,"Budidaya ini bisa untuk mendukung pemberdayaan masyarakat,dan meningkatkan ekonomi masyarakat.


“Kami berharap ada dukungan pengembangan budi daya maggot, sehingga diharapkan semakin berkembang pesat dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat,” katanya.


Kepala desa sindanggalih Eddy Setiawan SH mengapresiasi gerakan pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan budi daya maggot,"Usaha ini bisa menjadi salah satu program pembangunan di sektor ekonomi kerakyatan.


Pemkab Sumedang juga akan terus menjalin kerjasama dengan kementerian untuk meraih dana hibah,"Harapannya dana ini bisa disalurkan ke masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nya.


Nang Obet

TerPopuler