DESA GUDANG MENGANDENG FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PETERNAKAN DOMBA -->

DESA GUDANG MENGANDENG FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PETERNAKAN DOMBA

24 Des 2022, Desember 24, 2022
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang berkerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memberikan Pelatihan Dinamika Kelompok dan Pelatihan Tata Laksana Pakan Ternak bagi kelompok ternak Desa Gudang bertempat di Aula Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang Kamis (22/12/2022).

Pelatihan terselenggara berkat dari hasil kerja sama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan Pemerintah Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang dengan menghadirkan sejumlah narasumber Tenaga Pendidik Fapet Unpad Dr.ir.H.Iman Hernaman.M.Si.,IPU.,Dr. Sondi Kuswayan.MS. dan Wahyudin Mahasiswa S2 Fapet Unpad.

Menurut Kepala Desa Gudang Mohammad Bangkit,S.Pd. “Saya ucapkan selamat datang kepada para narasumber dan Harapan kami kedepannya dapat meningkatkan mutu dan kualitas peternak di Desa Gudang terutama di bidang penguatan kelompok ternak dan dalam pembuatan pakan sehingga lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak bridding dan usaha penggemukan, serta untuk meningkatkan SDM Peternak di Desa Gudang dan di harapkan adanya alih teknologi bidang peternakan yang bisa di terapkan di Desa Gudang”.

"Untuk wilayah Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini mungkin pertama dan kegiatan ini kelanjutan dari diskusi antara Fapet Unpad dengan Pemdes Desa Gudang, Dalam program kerja Desa Gudang salah satunya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang ketahanan pangan yaitu peternakan dan pertanian'"ujar Mohammad Bangkit. 

Mohammad Bangkit menambahkan dengan adanya kegiatan yang digelar pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. 

Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan SDM Peternak di Desa Gudang yang lahan untuk mencari rumputnya berkurang sehingga dengan pelatihan dan praktek pembuatan pakan fermentasi ini peternak tidak lagi kesusahan untuk memberi makan ternak dombanya. 

Pada pemaparannya, Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M.Si.IPU mendorong peternak di Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari yang beternak domba untuk menetapkan tujuan spesifiknya, seperti pembibitan, breeding, atau penggemukan. 

Hal ini diperlukan agar peternak dapat memilih bibit ternak domba yang bagus, manajemen pakan dan kandang yang bagus, hingga menyesuaikan dengan potensi lokal yang ada. 

“Pemberian pakan dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dapat meningkatkan berat domba, 
"Dan dalam pemilihan pakan domba haruslah tepat protein, Nutrient dan energi" ujarnya 

"Berbagai Materi dan Pengetahuan tentang pakan ternak domba yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Desa Gudang sehingga hasil yang di capai pun maksimal,"Pada pelatihan Tata Laksana Pemberian Pakan Ternak Domba ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya, selain itu hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi" ujar Dr.Ir.Iman Hernaman.M.Si.IPU. MA 
Dr,Sondi Kuswaryan sedang memberikan materi (foto agus)“ 

Ir.Sondi Kusmaryan.MS. dalam pemaparanya mengatakan Kelompok Ternak adalah kumpulan peternak yang dibentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan dan keakraban untuk peningkatan pengembangan usaha. 

Kelompok ternak sebagai pelaku utama menjadi salah satu kelembagaan peternakan yang berperan penting dan menjadi ujung tombak dalam pembangunan peternakan sehingga pembuatan kelompok ternak sangat penting dengan penguatan lembaga di desa baik LPM mapun BUMDES dan Bisnis beternak domba sangat menjangjikan 

“Dengan pelatihan ini di harapkan masyarakat dapat mempaatkan dana yang ada di desa untuk dapat meningkatkan ekonomi yang produktif serta dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi yang dapat di terapkan di masyarakat,"Dalam kontek pelatihan pelatihan yang dilaksanakan seperti yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Gudang itu menjadi satu peluang bagaimana dana dana yang ada di pedesaan di manfaatkan untuk aktivitas ekonomi yang produktif” ujar sondi kusmaryan. 

Setelah pemaparan teori oleh para narasumber dari Fakultas Peternakan dilanjutkan dengan acara praktek pembuatan fakan fermentasi dengan di pandu oleh Wahyudin Mahasiswa S2 Fapet Unpad.


(Agus/Red)

TerPopuler