Kesuksesan BUMDes Desa Cigendel Dalam Segi Pertanian -->

Kesuksesan BUMDes Desa Cigendel Dalam Segi Pertanian

18 Jan 2023, Januari 18, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Sumedang - Kepala Desa Cigendel bersama Ketua Bumdes Melaksanakan  panen perdana timun  yang dikembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  di area persawahan Dusun Cigendel  Pamulihan Sumedang, pada Selasa (16/1/2023).

Ketua  BUMDes , Koswara mengatakan bahwa pada tahun pertama program utama BUMDes yang dipimpinya beratkan pada agrobisnis dengan membudidayakan timun bekerjasama dengan Para petani di Cigendel. Dalam panen yang dilakukan pada demplot seluas Setengah Hektar tersebut menurutnya mampu menghasilkan 

Koswara menjelaskan bahwa  lahan seluas kurang lebih Setengah Hektar digunakan untuk mengembangkan timun,cabey,Bawang daun tersebut,"Lahan tersebut ditargetkan  dalam sebulan dapat panen 4 ton Timun  mulai ceblok (tanam) hingga dapat dipetik pada hari ke 30. 

Sementara itu Kades Cigendel , Mulyana selepas acara panen menyampaikan apresiasinya pada BUMDes yang telah berhasil mengembangkan budidaya timun sebagai salah satu usaha berbasis agrobisnis ini, "Dirinya berharap kedepan timun  dapat semakin dikenal masyarakat luas sehingga bisa terserap dipasar.

“Timun  nampaknya hasilnya sangat menjanjikan,dalam kurun waktu 30 hari sudah bisa dipanen, awal panen pertama sudah bisa mengembalikan modal dan selebihnya merupakan keuntungan petani,” kata Mulyana

Dalam kesempatan tersebut, Kades Cigendel berharap BUMDes di Desanya terus berkreasi  dan menjaga kualitas produk, baik pertanian maupun bidang yang lain. Menurutnya, membangun ekonomi daerah tidak bisa dilepaskan dari peranan para petani, pelaku usaha , lembaga di sektor keuangan dan pemerintah sendiri. Salah satu usaha yang memiliki eksistensi penting dalam pembangunan perekonomian daerah di Cigendel adalah usaha pertanian. “ Sektor ini memiliki hubungan yang positif dalam program penurunan kemiskinan,” tambah Kades. 


Henra

TerPopuler