Kodim 1514/Morotai pertama kali mengadakan upacara 17an bulan berjalan -->

Kodim 1514/Morotai pertama kali mengadakan upacara 17an bulan berjalan

17 Jan 2023, Januari 17, 2023
Pasang iklan



MOROTAI-Personil jajaran Kodim 1514/Morotai mengikuti upacara bendera 17-an bulan berjalan Januari 2023 bertempat di Lapangan Makodim Morotai, Desa Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2023 Pukul 07.00 sd. 08.00 WIT.

Upacara tujuh belasan ini diawali dengan penaikan Bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti oleh peserta upacara, pembacaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga.

Dalam Upacara kali in bertindak sebagai petugas upacara
Irup : Danramil 01 Daruba ( Mayor Inf Amos Bukunusa )
Paup : Pasi Intel ( Kapten Inf Andri Gusti Wijaya )
Danup : Serka Tuatoy
Pengucap saptamarga : Serda Kristianto Payu
Pembawa acara : PNS Mery
Pembaca Do'a : Serma Yohan
Sound Sistem : Hub Kodim 1514/MRT
Penggerak Bendera : Provos Kodim 1514/MRT dan pasukan Upacara terdiri dari Regu perwira, pleton Personil Makodim, dan Pleton Personil Koramil Daruba.

Amanat Panglima TNI ( Laksamana TNI Yudo Margono ) yang dibacakan oleh inspektur Upacara Danramil 01 Daruba ( Mayor Inf Amos Bukunusa )
Pada kesempatan ini, selaku Panglima TNI, saya mengucapkan terimakasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh Prajurit dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada.

Berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, Pengamanan VVIP KTT G20, latihan baik tingkat satuan sampai tingkat strategis multilateral antar Negara, Bhakti Sosial dan termasuk penanggulangan bencana alam serta tugas-tugas perbantuan lainnya, telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara.

Pencapaian ini tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini, untuk menyambut tugas mulia tersebut, maka kesiapan operasional harus terus dipelihara. Disamping itu, program peningkatan profesionalisme Prajurit dan PNS TNI harus menjadi prioritas di Tahun Anggaran 2023.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai Laporan Keuangan (LK) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2022 telah disajikan secara wajar pada posisi keuangan Kemhan tanggal 31 Desember 2022 hal ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan pada Tahun Anggaran 2023.
Bapak Presiden telah menetapkan untuk belanja negara difokuskan pada yang pertama dan paling penting adalah belanja untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia)," dan melanjutkan pada penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN), infrastruktur untuk mendukung transformasi ekonomi, dan pengembangan ekonomi hijau, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pemerintah juga terus memperluas, memperkuat, dan mereformasi jaring pengaman sosial dengan memperbaiki dan memperbarui data-data kemiskinan masyarakat rentan melalui Survei Register Ekonomi dan Sosial.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan sampaikan perintah harian Panglima TNI sebagai pedoman bagi kita semua.

PERTAMA. pengabdian tulus ikhlas dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, teguh berpedoman Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI.

KEDUA.Tingkatkan sumber sumber daya prajurit TNI agar menjadi prajurit profesional, tangguh, bermoral, berdedikasi dan mempunyai loyalitas tinggi serta bermental sapta marga.

KETIGA. Pertajam naluri tempur dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas operasi gabungan guna memperkokoh soliditas antar satuan TNI, perkuat sinergitas TNI / POLRI serta elemen pemerintah / lembaga lain.

KEEMPAT. TNI harus menjadi pengayom dan membantu kesulitan rakyat, guna memberikan rasa aman dari segala bentuk ancaman.

KELIMA. wujudkan reformasi birokrasi dilingkungan dan kultur organisasi TNI.

KEENAM. tanamkan nilai nilai keprajuritan serta junjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI dan selalu menjaga netralitas TNI.

KETUJUH. stop aksi arogan prajurit TNI, tegas namun tetap humanis dan disegani.

Pelaksanaan Upacara tanggal 17 bulan berjalan merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan rutin setiap bulannya dan melibatkan seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim 1514/Morotai dan Koramil Jajaran Kodim 1514/Morotai.(Oje)


TerPopuler