Penjelasan Erick Darmadjaya Perihal Hari Raya Imlek -->

Penjelasan Erick Darmadjaya Perihal Hari Raya Imlek

16 Jan 2023, Januari 16, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Kota Bandung - Ngobrol Informasi dan Edukasi bersama Anggota DPRD Kota Bandung, Erick Darmadjaya B.Sc., M.K.P., di ruang kerjanya, Komisi A dimana sebagai Sekretaris Komisi A, Jalan Sukabumi 30 Kota Bandung, Senin, 16/01.

Baru saja usai liburan dan cuti bersama Hari Raya Natal dan Tahun Baru, dan tiba saatnya liburan Hari Raya Imlek.

Erick mengatakan bahwa Cuti Bersama menjelang Imlek 2023 telah ditetapkan pemerintah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. 

Lantas, kapan hari libur Imlek?

"Imlek merupakan tahun baru Cina dalam kalender Lunar. Dimana, Imlek ditetapkan pada masa dinasti Han berdasarkan sabda Kongcu," jelasnya.

Lanjut keterangan Erick, dalam SKB 3 Menteri, Imlek 2023 akan jatuh di hari Minggu, 22 Januari 2023. Sedangkan, cuti bersama Imlek ditetapkan di hari Senin, 23 Januari 2023.

"Kalender Imlek 2023 adalah 22-23 Januari 2023. Tahun baru Imlek biasa dirayakan dengan berbagai tema berwarna merah dan emas sehingga tanda keberuntungan," ujarnya.

"Dan kemudian, 15 hari setelah tahun baru Imlek akan dilaksanakan perayaan Cap Go Meh. Adapun perayaan itu ditandai dengan upacara membuka mata naga," tambah Erick.

Oleh karena itu, akan ada arak-arakan naga dan barongsai di momen Cap Go Meh. Sedangkan, di Tiongkok biasanya dilakukan dengan makan tangyuan, yakni bakpia dari ketan berisi kacang merah dan babi asin ( red. Disesuaikan makanan tradisi daerah ).

"Nah, jadi sudah tahu kan cuti bersama Imlek tanggal berapa dalam kalender? Selamat liburan ya dan Gong Xi Fa Cai!" pungkasnya.


Red.

TerPopuler