Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Di Bantarujeg Gagas Penghijauan Areal Rawan Bencana Alam -->

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Di Bantarujeg Gagas Penghijauan Areal Rawan Bencana Alam

6 Feb 2023, Februari 06, 2023
Pasang iklan



Aspirasijabar || Majalengka - Polri Presisi merupakan program yang dicanangkan Bapak Kapolri Jendral  Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si uyakni, Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi berkeadilan dengan terus 

Implementasi  Program tersebut Polsek Bantarujeg Polres Majalengka Polda Jabar menggagas Kepeduliannya terhadap lingkungan dengan mengadakan penghijauan menanam Pohon di areal yang dianggap rawan bencana alam dan areal  perbukitan lahan pertanian, yang berada di Blok Cisaar Desa Gununglarang Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka, pada Senin (6/2/2023).

Pada kegiatan tersebut Kapolsek Bantarujeg Polres Majalengka Polda Jabar Iptu Yayan Sopiana bersama anggota beserta Kades Gununglarang Bapak Suparno dan masyarakat desa Gununglarang bergotong royong menanam pohon di area yang gundul dan yang dianggap rawan akan longsor dengan menanam berbagai jenis bibit tanaman diantaranya pohon Duren, pohon mangga , pohon Pete, pohon Mahoni dll.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa penanaman tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem serta keseimbang alam.

Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi S.I.K., M.H.  mengatakan "Polisi peduli penghijauan ini manfaatnya sangat besar sekali diantaranya untuk kelangsungan hidup sekarang dan dimasa yang akan datang, sehingga  bisa mencegah erosi tanah yang  disebabkan oleh angin dan air hujan yang berturut-turut ,  menjaga struktur tanah agar tidak rusak, menjaga keaneka- ragaman satwa agar tetap lestari juga dapat menyuburkan tanah yang bisa dijadikan sebagai lahan pertanian untuk bercocok tanam".

“Dimana Kecamatan Bantarujeg secara geografis terletak di daerah pegunungan dan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya bercocok tanam ( Petani )”tuturnya.

Dilokasi penanaman antusias masyarakat desa Gununglarang sangat bagus terlihat dari semangat membaurnya bergotong royong saat penanaman pohon dengan personil Polsek Bantarujeg, koramil 1706 Bantarujeg dan aparat desa setempat.

"Kita berharap penanaman pohon pelindung dan pohon produktif ini mampu memberikan dampak yang positif memberikan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan alam guna kelangsungan hidup untuk anak cucu kita, mengurangi dampak terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan lain lain, serta yang paling penting  setelah penanaman ini jangan hanya ditanam terus ditinggal, kita masih punya kewajiban dan rasa  tanggungjawab bersama untuk merawatnya" ujarnya.

Editor : Eka 

TerPopuler