Kapolres Majalengka Hadiri Upacara HUT Ke 104 Damkar dan Penyelamatan Tingkat Provinsi Jabar -->

Kapolres Majalengka Hadiri Upacara HUT Ke 104 Damkar dan Penyelamatan Tingkat Provinsi Jabar

7 Mar 2023, Maret 07, 2023
Pasang iklan

Aspirasijabar | Majalengka - Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi menghadiri Upacara HUT Ke 104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Lapangan GGM Kabupaten Majalengka, Selasa (7/3/2023).

Pada Dirgahayu Damkar dan Penyelamatan Ke 104 Tingkat Provinsi Jawa Barat  mengambil tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju".

Selaku Inspektur Upacara Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzanul Ulum,S.E, Perwira Upacara Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Barat Dr H. Dani Ramdan, M.T, Komandan Upacara Kasatpol PP dan Damkar Majalengka Rahmat Kartono S.STp.,M.Si.

Upacara HUT Ke 104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Bupati Majalengka Dr H. Karna Sobahi M.MPd, Ketua DPRD Majalengka Drs H. Eddy Annas Djunaedi,MM, Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Kasatpol PP Provinsi Jawa Barat Drs M.Ade Apriandi MT, Kepala Basarnas Prov Jawa Barat Jumaril SE.,MM, Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Barat Dr H. Dani Ramdhani MT,Dandim 0617/Majalengka diwakili Kasdim 0617/Majalengka Mayor Inf. Yayat Nurhidayat, Kajari Majalengka  Eman Sulaeman, S.H.,M.H , Dansubdenpom III-5 Kdp Lettu CPM Aldiansyah, Lanud S Sukani diwakili Kadisops Mayor Lek Ichan Irhamsyah, Kalapas Kelas 2 Majalengka Wawan Irawan A.Md,.IP.,SH.,MH, Kasatpol PP Majalengka Rahmat Kartono S.STp.,M.Si, Para Asisten Daerah dan Staf Ahli Bupati Lingkungan Pemerintah Kab Majalengka, Para Kasatpolpp dan Damkar Se Jawa Barat,l Para Kepala OPD dan Camat Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Jajaran Pejabat Struktural Satpol PP dan Damkar Majalengka.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzanul Ulum,S.E dalam upacara tersebut menyampaikan Peringatan HUT Ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun ini, membawa pesan kepada seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk tetap menggalang solidaritas, jiwa patriot serta memperkuat pengabdian aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di seluruh Indonesia, sehingga mampu melahirkan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang tangguh.
 
“Dengan semangat dan ketangguhan itu lah yang kemudian akan mendorong masyarakat untuk terus tumbuh demi mewujudkan Indonesia maju. Sebagaimana tema Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun ini yaitu “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangguh, Rakyat Tumbuh, Indonesia Maju”. 

“Tema tersebut saya nilai sangat tepat, sejalan dengan visi misi pemadam kebakaran internasional, yakni To Prevent Fires, Safe Property and Lives melalui layanan pencegahan serta penanggulangan kebakaran dan penyelamatan yang dilakukan secara profesional dan terlatih”. 

“Sebagai perangkat Daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya dalam kondisi darurat, pemadam kebakaran telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa, berkomitmen penuh dalam memberikan layanan kedaruratan bagi seluruh komponen warga Negara”. 

Hal ini tergambarkan dalam data pada Laporan Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2022 bahwa Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah berkontribusi dalam menangani total 17.672 kejadian kebakaran di sepanjang tahun 2022. Dengan penyebab kebakaran yang cukup beragam, terbanyak diantaranya karena hubungan arus pendek listrik sejumlah 7.320 kejadian (40%), kelalaian manusia 3.755 (21%) kejadian dan sebab tabung gas berjumlah 2.172 kejadian (12%). 

Selain penanganan terhadap kejadian kebakaran, Pemadam Kebakaran dan penyelamatan telah melakukan berbagai operasi penyelamatan (rescue) dimana sepanjang tahun 2022 telah dilakukan sebanyak 53.110 operasi penyelamatan dengan operasi penyelamatan terbanyak adalah animal rescue sejumlah 35.590 kejadian (67%), operasi lainnya 8.543 kejadian (16%) dan penanganan dan pelepasan cincin di jari sejumlah 3.504 kejadian (7%). 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tugas-tugas pemadam kebakaran yang demikian kompleks sampai saat ini masih belum dapat diselenggarakan secara maksimal di daerah. Untuk itu diperlukan suatu bentuk kelembagaan yang mandiri agar dapat mengelola anggaran dan sumber daya manusia secara maksimal sesuai dengan kebutuhan.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Kepada seluruh aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan saya minta untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan serta berinovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat”. 

“Manfaatkan keterbukaan informasi dan kemudahan teknologi untuk terus mengembangkan diri. Dan kepada seluruh Kepala Daerah pada kesempatan yang baik ini saya kembali menekankan untuk memberikan atensi dalam rangka penyelenggaraan sub urusan kebakaran di daerah”.

“Dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut Mempercepat pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Mandiri (minimal Tipe C) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Mengoptimalkan peran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat melalui prioritas alokasi anggaran, Melakukan percepatan pembentukan dan pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) sampai ke level pemerintahan terbawah, Melakukan penguatan kapasitas SDM Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Memberi perhatian dan kepastian status kepegawaian aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan yang masih berstatus Non-ASN”.

Seusai upacara selesai acara dilanjutkan dengan penampilan Marching band Satpol PP Kabupaten Majalengka dilanjutkan dengan Konvoi Kendaraan Pemadam Kebakaran.


Red, 

TerPopuler