launching Morotai Daloha Festival 2023 -->

launching Morotai Daloha Festival 2023

18 Mar 2023, Maret 18, 2023
Pasang iklan

Morotai-Mengangkat beragam potensi dan kekayaan yang dimiliki Morotai, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menggelar Festival di mana salah satu agendanya adalah launching Morotai Daloha Festival pada Sabtu (18/3/2023). Di Taman Kota desa Daruba kecamatan Morotai kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh,
Pj. Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali, S.E beserta ibu.
Setkab Pulau Morotai Fornichly. Revi Dara, S.Pd M.Pd beserta ibu.
Danlanud Leo Wattimena, Kolonel Pnb Tubagus Hasan Abdurahman beserta ibu.
Dandim 1514/Morotai, Letkol Inf Hariyanto Hendrik beserta ibu.
Mewakili Danlanal Morotai, Palaksa Lanal Morotai Kapten Laut (P) Oktovianus Mami.
Kajari Pulau Morotai, Sobeng Suradal SH MH beserta ibu.
Mewakili Kapolres Pulau Morotai, IPDA Jidon Paulus.
Ka BNN Pulau Morotai, Bpk. drs Fatahillah Syukur.
Kasatpol pp Pulau Morotai, Bpk. Najamudin, S. Sos.
Para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai.
Para Asisten dan Staf Ahli Pulau Morotai.

Para pimpinan OPD lingkup pemda Pulau Morotai dan tamu undangan lainnya beserta masyarakat Pulau Morotai dengan jumlah hadp
Adapun Sambutan-sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Pulau Morotai Kalbi Rasyid

Sejak di tetapkan kabupaten pulau morotai sebagal 10 destinasi pariwisata prioritas yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di tanah air. Maka sudah dapat kita nikmati berbagai percepatan pembangunan pariwisata di kabupaten Pulau Morotai.

Hal ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah pusat yang melihat wilayah kita yang begitu potensial sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang di dalamnya menawarkan berbagai pilihan. Baik wisata budaya, wisata alam dan wisata sejarah, Pesona alam, budaya dan sejarah pulau Morotai, bisa menjadi pilihan tersendiri sebagai daya tarik bagi wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk mendukung kegiatan kepariwisataan, maka pembangunan pariwisata harus saling bersinergi. Baik dari sisi produk, pasar, spasial, sumber daya manusia dan manajemen sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara positif dan berkelanjutan bagi pengembangan wilayah dan kesejahteraan masyarakat serta untuk mengatur peran setiap stakeholders terkait, baik itu lintas sektor, lintas pelaku, maupun lintas daerah/wilayah agar dapat mendorong pengembangan pariwisata secara sinergis dan terpadu.

Bertolak dari Pengembangan Pariwisata tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai telah merumuskan berbagai program yang salah satunya adalah program Event Daerah Yakni pelaksanan Promosi melalui Morotai Daloha Festival 2023.

Pemilihan kata Daloha sebagai spirit event Festival Morotai 2023 yang mempunyai arti "cantik, pesona, indah atau menarik". Diharapkan dapat menggerakkan sektor pariwisata, dan mengangkat citra pariwisata Morotai di mata dunia.

Morotai Daloha Festival 2023 adalah wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai dalam pemberdayaan masyarakat. Sebuah event pariwisata budaya, bahari dan sejarah (heritage) yang berbasis dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.

Event festival ini tidak sekedar menjadi hiburan dan perayaan yang spektakuler tetapi juga menjadi ajang regenerasi dan transfer knowledge ke generasi berikutnya. Disamping itu tak kalah pentingnya dalam pelaksanaan Morotai Daloha Festival, yang penyelenggaraannya sepanjang tahun 2023, diharapkan mempunyai pengaruh positif terhadap angka kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke pulau morotai dan dapat menggerakkan tumbuhnya usaha ekonomi kreatif di kabupaten pulau morotai.

Di tahun ini festival morotai agak sedikit berbeda dangan tahun sebelumnya, dimana event-event yang kami laksanakan, dari sisi jumlah event, tidak sebanyak dengan tahun sebelumnya. Tetapi yang menarik adalah beberapa event yang kami laksanakan nanti menawarkan kolaborasi dengan beberapa stakeholder.

Misalnya di drum competiton dan malam puncak hiburan di pertengahan mei 2023, kami berkolaborasi dengan PT. Gudang Garam, kemudian untuk parade/karnaval budaya yang pelaksanaannya di pertengahan mei 2023 kami berkolaborasi dengan PT. Jababeka, untuk Lomba Perahu kami berkolaborasi dengan Lanal Morotai dan untuk Festival Ramadhan kami berkolabarasi dengan Komunitas Sanggar Moro Daloha.

Masih ada beberapa event yang sampai saat ini kami masih tetap membangun komunikasi dengan beberapa stakeholder terkait untuk dapat berkolaborasi di antaranya Morotai Idol, Napak Tilas Sejarah Perang Pasifik, dan Morotai Surfing Competition. Harapan kami bahwa dengan berbagai kolaborasi yang kami lakukan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pariwisata di kabupaten pulau morotai.


Dalam Sambutan Pj Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali.
Geliat Pariwisata morotai terus tumbuh dan berkembang. Sebagai bagian dari kawasan strategis nasional (kspn) pemerintah daerah dan pemerintahan pusat punya komitmen membangun pariwisata dari segala aspek.
Di usia kabupaten pulau morotai yang akan memasuki 14 tahun pada 20 maret lusa, saya menghimbau kepada seluruh pelaku industri kreatif, pengusaha kuliner, perhotelan, agen perjalanan, komunitas budaya dan seluruh insan untuk bersama-sama membangun iklim pariwisata di kabupaten pulau morotai.

Daerah kita masih memiliki banyak potensi wisata yang dapat menjadi destinasi dan atraksi. Pemda morotai telah berusaha menyediakan infrastruktur pengembangan objek daya tarik wisata, hingga pengembangan
SDM, pelaku
industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menopang
kemajuan
bisnis pariwisata di kabupaten morotai.

Lanjut Pj Bupati, Bulan mei tahun lalu kita telah berhasil menggelar tokuwela morotai festival,
yang berhasil tercatat dalam museum rekor dunia indonesia (MURI) yang sukses memecahkan rekor pagelaran tari tokuwela dengan peserta terbanyak.

Untuk itu, dimulai dari
peluncuran festival malam ini kita harus berkomitmen untuk menciptakan atraksi besar yang berkualitas dan punya daya tarik sehingga mengundang kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Pemerintah pusat di bawah mas menteri sandiaga uno punya strategi dalam pemulihan pariwisata pasca pandemi. Formula yang disebut dengan 3G ini patut diopersionalisasikan di kabupaten pulau morotai. Strategi itu adalah ; gercep atau gerak cepat; geber, yang berarti gerak bersama, lalu gaspol yaitu garap semua potensi.

Kita yang hadir di sini merupakan potensi yang mesti kita satukan untuk bergerak cepat bersama-sama guna meraih kemajuan kabupaten pulau morotai.
Untuk itu, di peringatan hut ke-14 Kabupaten Pulau Morotai.

Kami sengaja mengangkat tema, "Morotai tongone" yang bermakna morotai milik kita bersama, Morotai adalah rumah bagi semua suku, semua agama, semua ras dan golongan. Kemajemukan ini merupakan potensi kekuatan untuk dapat mendorong kemajuan morotai.


Launching festival morotai daloha adalah
jalan pembuka untuk menjewantahkan kekuatan kebersamaan menjadi potensi dalam segala bidang. Dalam bidang pariwisata misalnya, kita harus berkolaborasi antara semua
pelaku industri pariwisata, pemangku kepentingan serta seluruh masyarakat
untuk menjadikan pariwisata di morotai sebagai sektor unggulan yang punya efek domino terhadap ekonomi, sosial
dan budaya.

Tantangan bisnis pariwisata
ke depan semakin berat. Kita mesti mempersiapkan segalanya agar lebih berdaya saing sebagai pariwisata yang mampu menciptakan kesan dan pesona yang memikat, sehingga menorehkan ingatan wisatawan tentang morotai daloha.

Untuk itu, lewat peluncuran Daloha Morotai Festival, mari kita upayakan aktivitas Kepariwisataan yang berkualitas dan berkesan positif sehingga mendatangkan berkah atau rizki untuk kita sekalian.(oje)

TerPopuler